Petition update

Ketua KPK Langgar Kode Etik, Mantan Jubir & Puluhan Pegawai Mengundurkan Diri

Kurnia Ramadhana
Indonesia

Oct 13, 2020 — 

Teman-teman semua, kekhawatiran kita soal Capim KPK dan Pengaruhnya pada Kinerja KPK selama ini terbukti.

Mulai dari Pimpinan KPK terbukti melanggar kode etik, mantan juru bicara & puluhan pegawai mengundurkan diri dan tingkat kepercayaan publik menurun drastis.

Pimpinan KPK terpilih untuk periode 2019-2023 yang dihasilkan atas keputusan politik Presiden dan DPR menuai ragam persoalan.

Ketua KPK, Firli Bahuri terbukti melanggar kode etik oleh Dewan Pengawas karena menunjukkan gaya hidup hedonisme ketika menggunakan moda transportasi mewah berupa helikopter saat melakukan perjalanan di Sumatera Selatan.

Pelanggaran kode etik ini bukan kali pertama diterima oleh Firli Bahuri. Jauh sebelumnya, saat ia menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK, Ia sempat terbukti melanggar kode etik dengan klasifikasi berat karena bertemu dengan pihak yang sedang berpekara di lembaga anti rasuah tersebut.

Sejak kepemimpinan Firli Bahuri, KPK juga kerap mendapat sorotan negatif oleh masyarakat. Bahkan, berdasarkan temuan empat lembaga survei, dalam kurun waktu Januari sampai dengan Juni 2020, tingkat kepercayaan publik terhadap KPK menurun drastis.

Begitu pula dengan pemberitaan belakangan, yang mana puluhan pegawai KPK memilih untuk mengundurkan diri, termasuk mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Secara terbuka Febri Diansyah menjelaskan alasan mundur karena situasi yang telah berubah di lingkungan kerja menyusul revisi UU KPK. Akibat revisi itu, dia merasa bahwa akan lebih signifikan jika dirinya berkontribusi dan memperjuangkan pemberantasan korupsi dari luar KPK.

Tentu ini tidak bisa dilepaskan dari dua faktor besar, yakni berlakunya revisi Undang-Undang KPK dan pola kepemimpinan para Komisioner. Kombinasi tersebut semakin menciptakan situasi pemberantasan korupsi semakin suram.

Salam,

Kurnia Ramadhana


Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.