Petisi ditutup
Mempetisi KEMENDIKBUD RI Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI

Selamatkan pendidikan puteri-putera survivor Sinabung dari ancaman bencana putus sekolah/kuliah

126
pendukung

Sejak erupsi Sinabung pada September 2013 dampaknya semakin meluas hingga hari ini. Puluhan ribu hektar lahan pertanian rusak, perekonomian masyarakat terganggu dan lebih dari 25.000 jiwa terpaksa mengungsi. Berbulan-bulan hidup dalam ketidakpastian dan penanganan bencana yang belum maksimal melahirkan persoalan-persoalan sosial ekonomi baru. 

Salah satu hal yang paling dikhawatirkan para pengungsi adalah masa depan pendidikan puteri-putera mereka yang menempuh studi di berbagai sekolah dan perguruan tinggi. Dapat dipastikan akibat bencana ini sumber mata pencaharian pengungsi yang sebagian besar petani telah terhenti. Tentu saja dukungan pembiayaan untuk studi dan hidup anak-anak mereka di perantauan menjadi terganggu. 

Gerakan Solidaritas Oentoek Sinabung (SOS) digalang oleh beberapa rekan muda di Yogyakarta dari lintas komunitas untuk mencoba mengingatkan publik akan arti pentingnya penanggulangan dampak bencana yang mengancam masa depan pendidikan puteri-putera survivor Sinabung. Gerakan kecil yang terbatas ini tidak mampu berbuat lebih tanpa dukungan publik. Banyak permohonan dukungan dari berbagai kota atas kondisi keuangan keluarga di pengungsian yang kesulitan mendukung pendidikan mereka. Sementara itu tak banyak perguruan tinggi yang cukup peka terhadap situasi mereka. 

Untuk itu bersama mari kita meminta Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar segera melakukan tindakan nyata melalui kebijakan penanggulangan bencana baru, bencana putusnya pendidikan puteri-putera survivor Sinabung. Mari dukung petisi ini agar Mendikbud memberikan jaminan pendidikan baik beasiswa dan sejenisnya untuk menyelamatkan masa depan pendidikan mereka. 


Dukung dan swarakan harapan para survivor Sinabung!

Kordinator Eksekutif 
Jangkar Nusantara


Thomas Robiana Sembiring

Petisi ini dikirim ke:
  • KEMENDIKBUD RI
    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI

    Jangkar Nusantara telah mulai petisi ini dengan satu tanda tangan dan sekarang memiliki 126 pendukung. Mulai petisi hari ini untuk mengubah sesuatu yang kamu pedulikan.




    Hari ini: Jangkar Nusantara mengandalkanmu

    Jangkar Nusantara membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI: Selamatkan pendidikan puteri-putera survivor Sinabung dari ancaman bencana putus sekolah/kuliah". Bergabunglah dengan Jangkar Nusantara dan 125 pendukung lainnya hari ini.