Petition update

Kita berhasil! Pemerintah sudah mengumumkan data efikasi dan keamanan vaksin

Yohanes Cakrapradipta Wibowo
Indonesia

Jan 14, 2021 — 

Salam

Setelah berbulan-bulan kita berjuang, akhirnya Pemerintah melalui BPOM sudah melakukan pengumuman data efikasi serta keamanan vaksin. EUA pun sudah dirilis berdasarkan data tersebut.

Kita harus bersyukur, berkat perjuangan kita dan beberapa lembaga lain, program dan agenda vaksinasi ini telah ditunda sampai data efikasi dan keamanannya benar-benar tersedia dan di umumkan. Sekarang, program vaksinasi ini sudah jauh terlihat dipersiapkan dengan baik dan dengan sangat berhati-hati dibandingkan beberapa bulan lalu. Kita ingat, bulan Oktober ada wacana vaksinasi dimulai bulan November walaupun bemum ada data mengenai keamanan serta efikasi vaksin yang akan diberikan. Berkat kemajuan ini kita perlu berterima kasih baik pada Pemerintah Republik Indonesia, BPOM, lembaga lain yang sudah membantu advokasi dan tentunya untuk kita kawan seperjuangan.

Namun, program vaksinasi ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Perlu waktu untuk proses vaksinasi dalam menjangkau populasi target. Oleh sebab itu, mari kita semua dukung program vaksinasi ini agar berjalan dengan lancar dan lawan segala kabar yang tidak benar terkait vaksin.

Sebagai catatan akhir, karena masih menyandang status EUA, maka mari kita juga dukung penuh BPOM untuk melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap vaksin dan terus memberi update bagi masyarakat terkait vaksin Sinovac yang sudah mulai diberikan maupun vaksin-vaksin lain sehingga penerimaan masyarakat terhadap vaksin pun dapat meningkat.

Karena vaksinasi bukanlah solusi tunggal dan akhir, maka mari kita terus terapkan protokol kesehatan dengan benar dan tidak hanya jargon saja yaitu gunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak aman (3M). Seperti yang tertulis di petisi ini juga bahwa penanganan berbasis 3M dan 3T tidak boleh diabaikan walaupun vaksin sudah tersedia. Maka, kami juga ikut mendukung upaya kawan-kawan di Pandemitalks yang membuat petisi untuk meningkatkan testing agar upaya 3T tidak kendor. Kesatuan sinergi serta keberlanjutan dari segala upaya ini sangat menentukan keberhasilan kita dalam melalui pandemi ini.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita semua.

Salam

Anggota petisi


Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.