TOLAK WISUDA ONLINE DAN KEJELASAN SISTEM WISUDA WIDYATAMA

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Kami yang bertandatangan dibawah ini segenap calon Wisudawan/Wisudawati Universitas Widyatama, sehubungan dengan hasil obrolan beberapa calon Wisudawan/Wisudawati yang di adakan pada hari Senin, 7 Desember 2020 yang menimbulkan keresahan diantara kita dikarenakan ada hal yang kurang jelas dan tepat. Keresahan yang kita rasakan adalah : 

"KITA TELAH MENGELUARKAN DANA SEJUMLAH RP. 1.000.000 (SATU JUTA RUPIAH UNTUK BIAYA WISUDA DAN WISUDA DILAKSANAKAN ONLINE PADA TANGGAL 19 DESEMBER 2020"

Berdasarkan hal di atas, kami merasa dengan biaya segitu lumayan memberatkan kami selaku Wisudawan/Wisudawati dikarenakan beberapa alasan dan solusinya yaitu:

- Pelaksanaan wisuda adalah hak kami selaku mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akhir, dengan segimana hal tersebut tidak dilaksanakan seperti biasa itu artinya sudah mengambil sesuatu yang harusnya menjadi hak kami.

- Disini kami pun dari pihak wisudawan telah mencoba berkomunikasi dengan pihak kampus (rektor, wakil rektor dan kepala akademik) dan minta kejelasan pengadaan wisuda online ini. Setelah mencoba berkomunikasi dalam waktu kurang dari 24 jam pihak kampus menerbitkan surat edaran "Penundaan Pelaksanaan Wisuda Online"

- Dengan biaya yang telah di tetapkan oleh kampus dengan nominal yang disebut diatas memberatkan bagi kami karena, biaya yang disebut diatas tidak worth it dengan apa yang kita dapatkan, bisa dikatakan tidak worth it ; 

  1. Kami membayar seharga Rp.1.000.000,00 (satu juta rupiah) kami hanya mendapatkan ; toga, baju kaos dan masker.
  2. Sedangkan pada tahun angkatan sebelumnya mengikuti wisuda seharga Rp. 800.000,00 (delapan ratus ribu) dan mendapatkan ; toga, medali, dan plakat.

- Rincian semua biaya nya tidak transparan kepada mahasiswa sehingga menimbulkan keresahan pada mahasiswa. Dan disini kami mempunyai bukti rincian biaya dari kampus lain perihal biaya wisuda.

- Semua keputusan yang diambil oleh pihak kampus dengan diadakan nya wisuda online tidak melibatkan kami, karena dalam hal ini biaya yang sudah kami keluarkan adalah biaya kami dan itu adalah hak penuh dari kami. Sedangkan kampus cuma mengambil keputusan sendiri tanpa ada campur tangan kami.

- Setidaknya, kalau tidak bisa mengembalikan biaya separuhnya/kompensasi, berilah merchandise yang masuk akal (merchandise yang masuk akal adalah merchandise yang bisa kami banggakan sebagai wisudawan sekarang) kepada kami. Dengan nominal segitu merchandise yang kami terima tidak masuk akal.

- Kami disini pun telah mengumpulkan beberapa bukti dari kampus lain untuk bahan perbandingan Universitas Widyatama tentang pelaksanaan wisuda online ini.

Bagi kami, perayaan wisuda ini hanya akan dirasakan 1 kali seumur hidup jadi besar harapan kami untuk mendapatkan apa yang kami harapkan seperti Alumnus sebelumnya.

Berdasarkan point diatas bisa diketahui yang menjadi inti dari petisi ini adalah kami meminta kejelasan sistem kampus, kami menunggu kejelasan kampus. Apapun yang kami lakukan adalah hak kami sebagai calon Wisudawan/Wisudawati, kami berperan penuh dalam hal ini.

Hormat kami,

Calon Wisudawan/Wisudawati tahun 2020