Hentikan pemakaian Cenderawasih sebagai aksesoris. Tegakkan hukum!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 150.000.


Seluruh dunia mengakui, burung cendrawasih salah satu burung terindah di dunia. Bahkan dalam bahasa Inggris ia disebut “Birds of Paradise” atau “Burung dari Surga”.

Sayangnya, ikon Papua ini di ambang kritis. Awal 2000an dapat ditemukan 10-15 setiap kilometer persegi. Pada 2012, angka itu menurun menjadi 2-3 ekor. Sekarang kemungkinan besar lebih sedikit lagi.

Alasannya? Ancaman primer berupa kerusakan habitat. Hutan yang dihabiskan untuk perkebunan kelapa sawit dan pertambangan.

Ancaman sekunder berupa perburuan dan perdagangan secara besar-besaran dan terselubung. Perdagangan cenderawasih masih terus berlangsung. Hanya saja dilakukan secara tertutup dan sulit terpublikasi. Pemburu, penadah, dan penjual cenderawasih di Papua bervariasi, mulai dari individu yang menjual di jalan-jalan ke arah pedesaan, kecamatan terpencil, bahkan di pasar-pasar tradisional.

Padahal, burung Cenderawasih merupakan salah satu jenis burung yang dilindungi Undang-undang berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa Liar.

Cenderawasih Kuning Kecil (Paradiseae minor) telah ditetapkan ke dalam 25 Satwa Terancam Punah Prioritas oleh pemerintah.

Sayangnya, masih banyak orang yang mengawetkan burung ini dan menjadikannya cinderamata, atau topi saat acara-acara tertentu. Bahkan akhir-akhir ini dipakai politisi partai untuk pengambilan nomor Pilkada.

Padahal jelas-jelas dilarang dalam Surat Edaran Gubernur tahun lalu, untuk digunakan sebagai aksesoris/atribut dalam kegiatan, atau sebagai cinderamata.  

Petisi ini kami buat agar hukum ditegakkan! Siapapun, politisi atau pejabat sekalipun, tidak boleh menggunakan cenderawasih dalam kegiatan mereka.

Demi keselamatan burung surga ini di tanah Papua dari kepunahan.



Hari ini: Chandra mengandalkanmu

Chandra Marbun membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "@SitiNurbayaLHK @LukasEnembe, Tegakkan hukum larangan pemakaian Cenderawasih sbg aksesoris. #SaveCenderawasih". Bergabunglah dengan Chandra dan 119.584 pendukung lainnya hari ini.