Petisi ditutup

Kami sudah movement dari gunung tangkuban perahu program menanam dan merawat pohon

Petisi ini mencapai 119 pendukung


Kami hanya ingin semua keturunan kita dapat merasakan udara yang segar bersih agar semua otak akan berfikir sehat bijak dan kreatif tanpa mengesampingkan lingkungan hidup.  Program yang sudah kami jalankan di atas sana tangkuban perahu menanam dan merawat pohon di lakukan sudah 18 kali di setiap minggu @lingkungan_kita tapi utk wilayah kesadaran begitulah sulit kami hanya ingin membudayakan menanam dan merawat pohon di setiap wilayah idonesia. 

 


LATAR BELAKANG

Gunung tangkuban perahu merupakan kawasan wisata yang terletak di wilayah kabupaten bandung barat, sebagian besar merupakan bagian dari kawasan hutan lindung. Di wilayah gunung tangkuban perahu terdapat banyak sumber mata air, salah satunya talaga warna yang mengaliri dua desa. Sumber air talaga warna ini digunakan oleh masyarakat sejak tahun 1985 hingga saat ini. Ketersediaan air bersih bagi masyarakat pada tahun 1985 itu sangat mencukupi kebutuhan dua desa yaitu desa Cihideung dan desa Cigugur. Seiring berkembangnya pertumbuhan penduduk dan aktivitas ekonomi yang di lakukan masyarakat luar maupun masyarakat setempat akan berdampak meningkatnya kebutuhan terhadap air. Banyak faktor-faktor kekhawatiran masyarakat yang timbul apabila kawasan tersebut tidak terjaga dengan baik, Salah satunya yaitu kekurangan air bersih bagi masyarakat.

Tentunya seluruh lapisan masyarakat harus peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar, salah satu upaya untuk membangkitkan budaya menjaga lingkungan, yaitu melakukan penanaman dan perawatan pohon dengan melibatkan seluruh masyarakat sehingga muncul pribahasa “Mun lain ku urang rek kusaha, mun lain ayena rek iraha”. Aksi nyata penanaman dan perawatan pohon tersebut merupakan wujud dari kepedulian terhadap lingkungan yang direalisasikan secara terus menerus (konsisten), sehingga dapat memberikan peran terhadap regenerasi.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, untuk peka terhadap perubahan kultur ekonomi dan sosial yang terjadi saat ini, sehingga membangun semangat masyarakat setempat agar dapat bersanding secara profesional dan proporsonal, dalam penggunaan sumber daya alam, maka akan terbentuk keseimbangan ekosistem yang tetap terjaga dan terpelihara. Beberapa cara untuk menjaga kelestarian lingkungan, yaitu:

Memelihara kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

Menjaga sumber mata air untuk kelangsungan hidup banyak masyarakat.

Banyaknya aktivitas di dalam lingkungan konservasi (pelestarian) air, harus diimbangi dengan pengawasan dan perawatan lingkungan.

Membentuk regenerasi masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.

Memasyarakatkan konservasi ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga dapat berperan serta dalam upaya konservasi sumber daya alam dan lingkungan.

Ini berharap menjadi program seluruh lapisan yang ada di muka bumi. 

#kamipunbukansiapasiapa #hutan #bandung #jawabarat #peduli #act #respact #life #fresh #air #menanamitumelawankepunahan 



Hari ini: Budhi mengandalkanmu

Budhi Santosa membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Siti Nurbaya Bakar: Kami sudah movement dari gunung tangkuban perahu program menanam dan merawat pohon". Bergabunglah dengan Budhi dan 118 pendukung lainnya hari ini.