PETISI MASALAH UTBK 2020 - Dari Soal Yg Tertukar, Kebohongan Panitia hingga Bahasa Panda

PETISI MASALAH UTBK 2020 - Dari Soal Yg Tertukar, Kebohongan Panitia hingga Bahasa Panda

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


"KALO SOAL AJA SAMPAI BISA TERTUKAR, GIMANA DENGAN KUNCI JAWABAN DAN NASIB PARA CALON MAHASISWA?"

UTBK tahun ini mempunyai banyak masalah. Mulai dari waktu yang mundur, teknis pelaksanaan yang berubah-ubah, dan beberapa info tidak valid pernah disampaikan oleh pihak LTMPT.

Hal ini diperparah dengan masalah isu kebocoran soal (banyak laporan), soal PK Inggris yang menipu dan soal Bahasa Panda yang bikin kaget dan mempermainkan hati para peserta. 

YANG PALING PARAH DARI SEMUA ITU ADALAH SUB TES DAN WAKTU PENGERJAAN UJIAN SESI PERTAMA BANYAK TERTUKAR!

Bisa-bisanya sub test tertukar dalam ujian ini. Pada pelaksanaan ujian, saya dan beberapa peserta mengalami: ada sub test yang judulnya Pengetahuan Kuantitatif justru muncul soal bacaan, dan sebaliknya sub test Pemahaman Bacaan dan Menulis justru keluar soal angka dan hitungan. Hal itu ditambah parah lagi saat peserta protes kepada pengawas mereka tidak ditanggapi. Protes pada pengawas justru membuang waktu.

Kalo saja soal bisa tertukar, bagaimana kita bisa yakin kalo kunci jawabannya bakal baik-baik aja? Soal aja bisa terbalik, gimana dengan nasib peserta? Saya jadi tidak yakin.

-----------------------------------------

KENAPA SAYA BUAT PETISI INI? Karena sejatinya, UTBK ini sangatlah penting. Nilai UTBK yang sekarang ini akan dipakai untuk seleksi mandiri banyak perguruan. Beberapa PTN akan memakai nilai utbk sebagai bahan pertimbangan. Salah satunya Universitas Gadjah Mada yang menganti Ujian Tulis mereka dengan seleksi mandiri berbasis nilai UTBK.

Jika pelaksanaan utbk aja ngga berjalan lancar, sudah pasti nilai para peserta sudah pasti ngga akan maksimal. Banyak sekali email, dm dan laporan sudah disampaikan dari teman-teman pejuang UTBK tapi belum juga ada respon serius dari pihak mereka.

Oleh karenanya, jika anda pejuang PTN: "Relakah masa depan anda di permainkan sistem yang kacau seperti ini?"

Bila tidak, ayo tanda tangani petisi ini.

MARI TUNTUTAN UTBK KEDUA ATAU UTBK ULANG AGAR HASIL BELAJAR KITA TIDAK SIA-SIA. 

@rudigunawan_ac