Petisi ditutup

Selamatkan Gua Karst Kaloy - Aceh Tamiang

Petisi ini mencapai 188 pendukung


Air memberikan kehidupan , Udara membawa harapan , Tanah menjadi pijakan & Api membakar semangat , Alam senantiasa memberi kehidupan untuk semua makhluk diatas bumi.

Sudah terlalu banyak kita merusak alam demi kepentingan beberapa gelintir oknum serakah yang tidak bertanggung jawab. Sampai kapan kita akan begini...?

Gua Karst Kaloy di Aceh Tamiang, merupakan gua karst yang terindah dan terpanjang di propinsi Aceh. Namun saat ini keberadaan Gua Karst Kaloy ini menjadi terancam, hancur dan lenyap akibat ekploitasi Pabrik Semen PT Tripa Semen Aceh (TSA) yang akan membangun Indusri sement disana.

Selain itu Gua yang terletak di Kawasan Ekosistem Leuser ini ternyata merupakan salahsatu 'reservoir' terbesar di wilayah itu. Ketika keberadaan goa ini tinggal kenangan, dapat dipastikan dengan serta merta berdampak pada laju pengurangan debit air dan pencemaran pada Sungai Kaloy.

Pembangunan Industri Semen Di kawasan Ekosistem Leuser (KEL) juga bertentangan dengan Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2008, Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.Peraturan pemerintah ini menyatakan bahwa Kawasan Ekosistem Leuser menjadi Kawasan Strategis Nasional - suatu area yang menjadi kepentingan nasional terutama untuk alasan ekonomi dan lingkungan. Khusus Kawasan Ekosistem Leuser menegaskan bahwa area ini “harus dilindungi dan dilestarikan, fungsinya dioptimalkan untuk mengembalikan keseimbangan ekosistem, menjaga kelestarian keanekaragaman hayati, keunikan alamnya dipelihara, dan status kawasan strategis nasionalnya berkelanjutan” . PP No 26, 2008 berlaku selama dua puluh tahun.

MARI RAPATKAN TANGAN KITA UNTUK BUMI TERSAYANG

Alasan lain mengapa Gua Karst Kaloy harus diselamatkan karena Pembangunan industri semen tersebut akan menimbulkan 13 (tiga belas) dampak negatf bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.:

 

1.    Menurunnya kualitas udara

2.    Meningkatnya kebisingan

3.    Gangguan kesehatan

4.    Keresahan masyarakat

5.    Gangguan bangkitan lalu lintas

6.    Perubahan bentang alam

7.    Perubahan sosial

8.    Perubahan ekonomi

9.    Perubahan budaya

10. Perubahan geo-fisik kimia

11. Perubahan geo-fisik biologi

12. Penurunan sanitasi lingkungan

13. Penurunan kualitas air

Kami dari LSM ADAS Institute - Aceh Tamiang mengajak seluruh mayarakat Aceh khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya, serta semua pemerhati alam dan lingkungan hidup untuk membanttu @KEMPRa dalam menyelamatkan Gua yang indah ini dari kehancuran akibat industri semen. Mari kita tanda tangani Petisi yang akan dikirim untuk Ibu Menteri Lingkungan Hidup ini, demi masa depan anak cucu kita.

‪#‎SAVE OUR CAVES FROM CEMENT INDUSTRIES



Hari ini: LSM ADAS Institute mengandalkanmu

LSM ADAS Institute membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar @bravonur Selamatkan Gua Karst Kaloy - Aceh Tamiang". Bergabunglah dengan LSM ADAS Institute dan 187 pendukung lainnya hari ini.