Kemenangan dikonfirmasi

Perbaikilah konten anda, sebelum keberadaan anda dibubarkan secara paksa oleh publik

Petisi ini membuat perubahan dengan 7.941 pendukung!


Belakangan, keberadaan dua Fan Page di Facebook ini (Meme Comic Indonesia dan Meme Rage Comic Indonesia) menjadi sorotan karena beberapa postingan yang ditampilkan justru keluar dari apa yang disebut sebagai "Hiburan".

Bayangkan, jika sebuah postingan "meme" selalu membahas tentang seksualitas, perilaku menyimpang yang melibatkan anak dibawah umur (terutama percintaan) dan ditampilkan secara eksplisit, konflik SARA, penghinaan terhadap individu, dan juga beberapa unsur negatif yang hakikatnya bukan untuk konsumsi publik. Dikhawatirkan, generasi penerus bangsa ini akan menjadi generasi perusak bangsa karena dampak dari unsur negatif tersebut jika tidak ada tindakan apapun dari yang terlibat dalam menampilkan dan menyebarluaskan konten meme dengan unsur negatif.

Sayangnya, admin yang bersangkutan juga dinilai tidak acuh terhadap postingan-postingan yang tidak laik untuk ditampilkan. Admin di FP tersebut justru menampilkan postingan yang tidak laik. Padahal, Admin adalah orang yang berkewajiban untuk memfiltrasi konten-konten negatif dan menyeleksi konten yang laik untuk ditampilkan.

Disayangkan, jika unsur-unsur negatif dan tidak laik itu disanggah oleh admin dan orang yang terlibat dengan kalimat "Ini hanya guyonan", "Ini hanya hiburan", "Mengapa begitu serius ? ini candaan". Apakah unsur negatif dan tidak memiliki relevansi sebagai sebuah hiburan, justru dibenarkan sebagai sebuah "Hiburan" ?

Padahal, diantara mereka yang menganggap postingan tidak laik itu sebagai sebuah hiburan, acap kali memaki konten negatif serta tidak laik di televisi. Mereka acap kali mengeluh terhadap tayangan sinetron yang menurut mereka tidak laik disaksikan karena hanya menampilkan adegan percintaan saja serta tidak mendidik karena mengandung konten negatif. Kenyataannya, apa yang mereka lakukan di kedua FP tersebut juga sama seperti yang ada di televisi, yakni sama-sama menyajikan konten negatif dan menjadi konsumsi publik, terutama pengguna media sosial

Petisi ini muncul atas banyaknya keluhan pengguna media sosial yang berkeberatan atas munculnya konten negatif. Petisi ini sebenarnya ditujukan agar admin di kedua FP tersebut (dan juga admin FP lain dengan tema dan tajuk yang serupa dengan kedua FP itu) mau memfiltrasi dan menyeleksi konten "meme". Bukannya malah membiarkan, atau bahkan menyebarkannya kembali sehingga muncul pertentangan dan konflik tidak berkesudahan.

Sebelumnya, ada pemberitaan di media massa, dimana seseorang yang wajahnya dijadikan objek guyonan ala "meme" merasa keberatan. Ada pula seorang anak dibawah umur yang ditilang Polantas hingga menangis dan bersujud agar masalahnya tidak diperpanjang, justru ekspresi wajahnya diedit dan dipastikan membuat psikologisnya terganggu. Beruntung, jika kedua orang yang "dipopulerkan" secara negatif melalui meme itu tidak memiliki niatan untuk menempuh jalur hukum, yang berakibat pada ditutupnya kedua FP meme itu, dimana pada akhirnya jika itu benar-benar terjadi, seolah ada upaya kriminalisasi dan pembredelan terhadap kebebasan berekspresi maupun berpendapat.

Petisi ini, diharapkan mampu mengetuk pintu hati nurani admin serta orang yang terlibat dalam penyebaran konten dengan unsur negatif di kedua FP itu, untuk tidak lagi menampilkan maupun menyebarluaskan konten meme dengan unsur negatif dan tidak laik. Petisi ini juga dibuat dengan tujuan agar adanya perbaikan total untuk menjadikan konten meme yang sesuai dengan kaidah dan aturan-aturan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Petisi ini bukan bermaksud untuk menghalangi, dan melarang individu maupun kelompok untuk berekspresi, menyatakan pendapat, ataupun menyalurkan kreativitasnya melalui meme. Petisi ini ditujukan agar individu maupun kelompok yang terlibat dalam konten meme, dapat mematuhi etika yang berlaku, dan tidak menimbulkan gesekan maupun pertentangan yang memicu konflik sebagai akibat dari konten meme dengan unsur negatif.

 



Hari ini: Kaliandra mengandalkanmu

Kaliandra Memoriadi membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Meme Comic Indonesia dan Meme Rage Comic Indonesia: Perbaikilah konten anda, sebelum keberadaan anda dibubarkan secara paksa oleh publik". Bergabunglah dengan Kaliandra dan 7.940 pendukung lainnya hari ini.