STOP PEMBANTAIAN ANJING, KUCING DAN MONYET DI PASAR TOMOHON

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Di Indonesia memiliki pasar yang keberadaanya sudah terkenal di beberapa negara, yaitu Pasar Beriman Tomohon yang terletak di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Di pasar tersebut para pedagang menjual hewan - hewan eksotis yang seharusnya dilindungi. Diantara hewan yang dijual ialah Anjing, Kucing dan Monyet Hitam.

Menurut Pasal 302 KUHP menyebutkan, barang siapa tanpa tujuan yang patut atau secara melampui batas, dengan sengaja atau melukai hewan atau merugikan kesehatannya, tidak memberikan makanan yang diperlukan untuk hidup hewan, akan diancam pidana penjara paling lama tiga bulan. Sementara perlakuan seperti itu menyebabkan sakit lebih dari seminggu, cacat, luka berat lain, atau mati, pelaku diancam pidana penjara paling lama sembilan bulan.

Peraturan lain terkait kesejahteraan hewan dimuat dalam pasal 92 Peraturan Pemerintah Nomor 95 tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan (UU 95/2012). Ada poin-poin yang melarang pemanfaatan hewan diluar kemampuan kodratnya yang membahayakan keselamatanya, termasuk memberi bahan perangsang fungsi kerja organ hewan diluar batas fisiologis hewan. Ekxploitasi kekuatan fisik hewan pun dilarang dalam Undang-undang ini.

Disamping itu, pasal 66 ayat (2) huruf C Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan pun menguatkan aturan tentang pemeliharaan hewan dengan baik. Pasal tersebut mengatakan "Yang dimaksud dengan penganiyaan adalah tindakan untuk memperoleh kepuasan dan keuntungan dari hewan dengan memperlakukan hewan diluar batas kemampuan biologis dan fisiologis hewan.

Memang tidak ada aturan yang jelas mengenai larangan konsumsi daging kucing dan anjing. Akan tetapi, bila mengacu pada peraturan diatas, bentuk konsumsi hewan nonternak ini bisa digolongkan sebagai penganiayaan yang menyebabkan kematian. Apalagi ketika cara membunuh yang dilakukan sangat sadis dan massal.

Maka dari itu, kami dari komunitas pecinta Anjing dan Kucing. meminta kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Direktorat Jenderal Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Agar segera menertibkan Pasar Tomohon supaya tidak lagi memperjual-belikan Anjing, Kucing dan Monyet Hitam untuk di konsumsi.

Kucing, Anjing dan Monyet bukanlah hewan ternak, bukan pula untuk di makan. Mereka adalah hewan-hewan lucu, pintar dan menggemaskan, mereka adalah sahabat manusia yang selayaknya di lindungi dan diberikan kasih sayang. Masih banyak hewan yang layak di konsumsi dan tidak berbahaya bagi kesehatan manusia seperti sapi, kambing, ayam, bebek, ikan dsb.

STOP...! KONSUMSI DAGING ANJING, KUCING DAN MONYET.

STOP...! MEMPERJUALBELIKAN ANJING, KUCING DAN MONYET UNTUK DIKONSUMSI.

STOP...! PEMBANTAIAN ANJING, KUCING DAN MONYET DENGAN MENGATASNAMAKAN TRADISI DAN BUDAYA.

HILANGKAN TRADISI DAN BUDAYA YANG BERTENTANGAN DENGAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN.