Kemenangan

@KapalApi_ID Jelaskan Keaslian dan Penggunaan Mahkota Cendrawasih dalam Iklan

Petisi ini membuat perubahan dengan 7.208 pendukung!


Salam kenal. Nama sa Blandina dari Jayapura, Papua.

Kalian sudah lihat iklan Kapal Api yang baru? Iklan ini mempertontonkan beberapa aktor dan aktris yang menggunakan pakaian adat dari penjuru nusantara. Ada rasa bangga yang ikut timbul di sa punya hati

Tapi rasa bangga itu berubah menjadi sedih saat sa lihat salah satu model iklan tersebut menggunakan Mahkota Cendrawasih, yang terlihat asli.

Sa sebagai orang Papua sangat terusik melihat kejadian ini. Bukan hanya karena statusnya yang hampir punah, tapi burung Cendrawasih adalah identitas asli kitorang Papua yang harus dilestarikan. Ada aturan adat dan hukum dalam pemakaianya.

Dirjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah keluarkan larangan penggunaan Burung Cenderawasih asli sebagai aksesoris dan cinderamata tahun 2017 silam. Tapi penggunaan mahkota Cendrawasih asli masih banyak terjadi.

Sa tidak tahu apakah mahkota yang digunakan adalah burung Cendrawasih asli atau imitasi karena tidak ada keterangan apa pun dalam video tersebut.

Karena itu, sa minta Kapal Api berikan penjelasan tentang keaslian mahkota Cendrawasih yang digunakan. Berikan keterangan dalam video bila mahkota yang digunakan adalah imitasi, dan segera tarik iklan tersebut bila mahkota yang digunakan adalah asli. Industri periklanan juga punya tanggung jawab sosial dalam menjaga kelestarian burung yang hampir punah ini.

Mengangkat budaya Indonesia tidak harus dengan menggunakan bagian tubuh dari satwa yang lindungi. Bangga akan budaya Papua berarti juga harus punya tanggung jawab untuk menghargai budaya tersebut.

#lebihenakdijelasin #jagasebelumtiada

 

Salam,
Blandina Issabella. R



Hari ini: Blandina mengandalkanmu

Blandina Isabella membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "@KapalApi_ID Jelaskan Keaslian dan Penggunaan Mahkota Cendrawasih dalam Iklan #LebihEnakDijelasin". Bergabunglah dengan Blandina dan 7.207 pendukung lainnya hari ini.