Cabut Izin Tambang di Wawonii dan Tindak Tegas Oknum yang menyengsarakan rakyat Wawonii

0 telah menandatangani. Mari kita ke 5.000.


Wawonii berada dalam wilayah administratif Kabupaten Konawe Kepulauan. Sejak menjadi daerah otonomi baru dari kabupaten Konawe pada tahun 2013, saat ini telah beroperasi 15 Ijin Usaha Pertambangan.

Kepulauan Wawonii dengan luas 867km², sehingga bukanlah daerah atau wilayah yang diprioritaskan untuk pertambangan. Kenyataan ini tentu berlawanan dengan aturan perundang-undangan yang menegaskan pada UU nomor 1 tahun 2014 Tentang perencanaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, yang mengatur tentang larangan penambangan pada wilayah kepulauan yang kurang dari 2.000km². 

Berdasarkan Peraturan daerah RT/RW Provinsi Sulawesi Tenggara, nomor 2 tahun 2014, menegaskan bahwa kabupaten Konawe kepulauan tidak diperuntukkan bagi kawasan pertambangan. 

Keberadaan 15  Ijin Usaha Pertambangan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah tentu menjadi pintu masuk bagi pengrusakan alam dan kelestarian lingkungan di pulau tersebut. Pemerintah daerah diminta dan diharapkan untuk meninjau ulang status 15 IUP yang selama ini sudah dimiliki oleh pihak swasta yang melakukan penambangan. 

 

Sumber: Pernyataan Sikap Front Rakyat Sultra Bela Wawonii

 

Bantu kami dengan menyertakan tagar berikut pada setiap postingan Anda.

#CabutIUP

#savewawonii

#solidaritasWawonii

#tegakkanhukumdibumianoa