Petition Closed
Petitioning Jl.Medan Merdeka Barat No. 13-14 Jakarta Pusat Kementrian Pertahanan - Republik Indonesia and 1 other

Purnomo Yusgiantoro, Menteri Pertahanan RI: Jelaskan, dan bertanggungjawab terhadap penyalahgunaan produk GAMMA

Setiap orang memiliki hak atas privasi, setiap orang memiliki rahasia yang ia jaga. Dengan produk gamma yang telah di beli oleh pemerintah Indonesia, dengan ketidak jelasan siapa yang menggunakan ? dan di targetkan untuk siapa ? semua orang di indonesia, dapat dengan sangat mudah di sadap, atau di monitor komunikasi digitalnya.. termasuk ANDA.

Teman-teman

Yang terhormat,

Banyak informasi yang saya simpan dalam komputer dan Hp saya, dan beberapa diantara informasi tersebut sangat privat sifatnya yang saya tidak mau orang lain ketahui. Contoh account, password dan isi email, chating, sosial media, agenda kerja, infomasi rekening, Riwayat hidup, apa yang saya baca, apa yang saya tulis, dan lain-lain. dan saya yakin Anda juga menyimpan informasi yang anda tidak ingin orang lain ketahui tanpa seijin anda.

Berawal dari Informasi dibawah ini, saya menjadi khawatir bahwa "Kita sebagai warga negara membayarkan pajak, Agar Pemerintah dapat membuka Rahasia Kita".

Dokumen Laporan UK Export Finance berjudul “Annual Report and Accounts 2012 to 2013”, Dalam laporan ini menegaskan pada tahun 2012-2013 telah terjadi transaksi atas nama Gamma TSE Ltd dengan Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementrian Pertahanan senilai  £s 4,214,167 atau setara dengan  Rp. 71.354.012.569, berupa Perlengkapan Intelejen. 

Pada laporan tersebut diatas tidak dijelaskan, perlengkapan apa yang dibeli oleh Indonesia. Tetapi dari sumber https://www.gammagroup.com/, dapat diketahui produk-produk yang dijual oleh gamma internasional berupa perangkat, sistem dan pelatihan tentang pengasawasan, penyusupan, pemulihan dan forensik.

Yang paling mencemaskan Saya adalah produk Gamma, berupa Finfisher yang merupakan kategori produk COMMUNICATIONS MONITORING SOLUTIONS,  Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=9qvgERbAsUo

Video diatas berisi, cuplikan Siaran Pers, Wikileaks yang memberikan WARNING! kepada masyarakat dunia tentang teknologi finfisher yang di produksi Gamma. Hal tersebut memperlihatkan, bagai mana pemegang teknologi ini, bisa dengan mudah memonitoring target yang menggunakan internet dan selular, melalui berbagai macam cara, saluran, dan alat yang di sediakan.

Penggunaan teknologi FInfisher di Indonesia, dibenarkan dengan Laporan yang dirilis oleh CitizenLab pada 1 Mei 2013, dengan sumber : https://citizenlab.org/storage/finfisher/final/fortheireyesonly.pdf.  Bahwa terditeksi terdapat 5 Command & Control Server produk gamma internasional yang beroperasi di Indonesia menggunakan fasilitas Internet Service Provider (ISP) PT.TELKOM, PT. MATRIXNET GLOBAL, dan BIZNET ISP. Dan pada contoh BlackBerry  yang terinfeksi menggunakan saluran GSM APN, memiliki database yang mensuport penyedia layanan telekomunisasi indosatgprs, AXIS, telkomsel, www.xlgprs.net, 3gprs.

Dengan kata lain, setiap orang yang menggunakan komunikasi via internet dan selular di indonesia dalam kondisi beresiko di intai, atau di monitoring.

Ketakutan saya akan penyimpangan terhadap penggunaan teknologi tersebut bukan tidak beralasan, dibeberapa contoh kasus negara lain, alat ini dijadikan alat untuk mengintai Warga negara, para aktivis, dan kelompok orang yang memiliki pandangan politik berbeda dengan pemerintah.

seperti contoh dibawah ini :

- Pada tahun 2012, Kelompok Aktivis pro-demokrasi Bahrain juga menjadi sasaran pengawasan produk Gamma international. Dengan modus melewati email yang dikimkan oleh wartawan Aljazera.

- 1 Desember tahun 2012, beberapa organisasi sipil HAM di meksiko menyerukan dilakukan Aksi Demonstrasi damai di San Lazaro melalui berbagai media termasuk media sosial seperti facebook dan twitter.  Sebelum aksi tersebut dilakukan, banyak aktivis mengaku bahwa account media sosial mereka telah di hack, dan mereka mendapatkan pesan lewat Iphone mereka “Pembaruan tersedia untuk pengaturan operator untuk IPhone Anda. Apakah Anda ingin men-download sekarang? ". setelah di download, dan di scan dengan program anti spyware. Mereka mendapati bahwa program tersebut adalah software mata-mata FinSpy atau FinFisher

-Maret 2013, ditemukan dokumen terkait dengan Pemilu Malaysia yang terinfeksi oleh FInfly (produk spyware gamma internasional) yang beredar di masyarakat Malaysia melalui email, dan website. Tidak diketahui siapa target dan berapa jumlah yang telah terinfeksi spyware tersebut.

-FinSpy ditemukan didalam email ditargetkan pada kelompok dan orang yang berseberangan pandangan politik dengan pemerintah di Ethiopia dan pada ponsel Android di Vietnam.

ANCAMAN ?

Dengan pengalaman penyalahgunaan dinegara lain, maka timbul keresahan pada saya. Sebab saya bekerja di LSM yang sering bertentangan dengan pemerintah perihal kondisi Hak Asasi Manusia di Indonesia.

Dengan ketidak jelasan, Siapa yang menggunakan ? digunakan untuk apa ? akan sulit meminta pertanggungjawaban jika terjadi penyelewengan. Sedangkan produk ini hanya boleh digunakan oleh lembaga penegak hukum dan intelegen, dengan tujuan dan target yang jelas.

Sebagai sebuah senjata intelejen, produk Gamma, merupakan alat ini dikenal kehandalannya. Selama tidak ada alat ukur untuk dapat menentukan untuk dengan tujuan apa ? siapa yang menggunakan ? siapa yang menjadi sasaran ? Maka senjata ini menjadi sarana untuk menyalahi Hak atas Privasi yang dimiliki setiap orang, termasuk Anda, kolega Anda, para Ativis, Perusahaan, kelompok Partai Politik, dan lain sebagainya.

Letter to
Jl.Medan Merdeka Barat No. 13-14 Jakarta Pusat Kementrian Pertahanan - Republik Indonesia
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro (Menteri Pertahanan)
Harus menjelaskan dan bertanggungjawab terhadap penyalahgunaan produk GAMMA