Petisi ditutup

Perusahaan Rokok, Stop Beriklan di Sekitar Sekolah !

Petisi ini mencapai 292 pendukung


ENGLISH VERSION

Sekolah kita diserang ! Bukan oleh tentara perang.
Tapi oleh perusahaan rokok dengan iklannya yang garang !

Billboard,  umbul-umbul iklan rokok, kokoh berdiri di jalanan menuju sekolah.Spanduk, poster, stiker iklan rokok menghiasi dinding, pagar dan pintu masuk sekolah.

Teman – teman, tengoklah sekitar sekolahmu. Pasti sudah dikuasi oleh iklan rokok yang selalu merayu.

Harusnya kita, anak – anak Indonesia mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang benar, bukan pemandangan yang akan menyumbang penyakit. Parahnya sumber penyakit itu berada di sekitar sekolah kita.

Sekolah kita terjajah!

Dari sebuah survey iklan rokok di sekitar sekolah di 5 kota, menyebutkan 85% sekolah dikepung oleh iklan rokok. Ini berarti setiap hari selama 12 tahun kita berangkat ke sekolah, lebih dari 3000  kali mata kita tak berkdip terpapar iklan – iklan rokok tersebut.

Akhirnya kita merasa rokok itu biasa saja bukan? tidak berbahaya dan merokokpun jadi hal yang lumrah. Padahal kita semua tahu, rokok mengandung 7000 zat kimia berbahaya yang menyebabkan kecanduan dan berbagai penyakit hingga kematian.

Selain itu, industri rokok sangat licik teman – teman ! Mereka menjual rokok dengan harga Rp 1000 disetiap batangnya, bahkan ada yang lebih murah, sesuai dengan isi kantong kita. Karena kita adalah target. Anak muda adalah sasaran empuk untuk mendapatkan keuntungan lebih dini dan lebih banyak. Tak heran bila Global Youth Tobacco Survey 2014 di Indonesia, menunjukkan 2 dari 5 siswa adalah perokok aktif dan 3 dari 5 siswa membeli rokok di warung atau kios.

Teman – teman, ini adalah situasi darurat dan kita tidak  bisa berdiam diri. Kami, dari 90 sekolah di Padang, Mataram, Bekasi, Tangerang Selatan dan Kabupaten Bogor sudah bergerak untuk melawan dan menolak menjadi target perusahaan rokok.

Dukung kami, untuk menyuarakan bersama :

  1. Mendesak dan menuntut perusahaan rokok untuk berhenti menjadikan anak-anak sebagai target dan berhenti beriklan di sekitar sekolah.
  2. Meminta Pemerintah melindungi anak-anak  dengan melarang segala jenis iklan rokok di seluruh tanah air Indonesia.

#TolakJadiTarget : http://bit.ly/TolakJadiTarget

Hormat kami

  1. M. Kaisar Melga Janarsyah, @Abangryo_ (Mataram)
  2. Pajrul Furqan Haekal Hamzah, @ pajrulpurqonhaekal (Mataram)
  3. Bunga Natasya, @ bunganatasya20 (Padang)
  4. Annisa Kurnia Sandra, @annysa_kurnia_sandra (Padang)
  5. Reynaldi (Kabupaten Bogor)
  6. Muhammad Rifky, Mohammad Rifki El Hafizh (Kabupaten Bogor)
  7. Yoga Ari Gunawan, @yogaari15 (Kota Bekasi)
  8. Bela Azzahra, @bellazahra21 (Kota Bekasi)
  9. Mutiara Nathania Dharma (Kota Tangerang Selatan)
  10. Sheila Chelsia A.K , @sheilaziv (Kota Tangerang Selatan)

https://www.youtube.com/watch?v=2SQOBl8aPkg&t=151s 

 



Hari ini: kaisar mengandalkanmu

kaisar janarsyah membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Perusahaan Rokok, Stop Beriklan di Sekitar Sekolah !". Bergabunglah dengan kaisar dan 291 pendukung lainnya hari ini.