Kemenangan

Perketat Izin Keluar Masuk Turis untuk Cegah Virus Corona Lebih Menyebar di Indonesia

Petisi ini membuat perubahan dengan 324 pendukung!


Ratusan orang dilaporkan meninggal karena terjangkit virus Corona. Sudah banyak negara yg terjangkit virus ini. Di antaranya Tiongkok, Jepang, Kanada, Singapura, Malaysia, Taiwan, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, Nepal, Perancis, dan Australia. Baru saja ada berita, satu warga Jambi telah dimasukkan ruang isolasi karena diduga memiliki gejala virus Corona.

Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Indonesia untuk melarang atau perketat kedatangan warga Tiongkok, khususnya Provinsi Hubei.

Padahal banyak negara lain telah meningkatkan aktivitas keamanan dan menolak kedatangan turis dari Tiongkok.

Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan pengunjung yang punya sejarah ke Provinsi Hubei, China, bakal dilarang masuk. Filipina untuk sementara berhenti menerbitkan visa kedatangan bagi warga negara China yang akan masuk ke negara kepulauan tersebut.

Malaysia juga melakukan hal yang sama yakni menangguhkan proses penerbitan visa bagi warga negara China. Khususnya yang berdomisili di Provinsi Hubei, China. Sri Lanka, Kazakstan dan Taiwan juga melakukan hal serupa.

Indonesia memang sudah menetapkan larangan perjalanan ke Provinsi Hubei dan Wuhan. Tapi, bagaimana dengan pekerja atau turis asal provinsi Hubei yang datang ke Indonesia?

Komisioner Ombudsman RI La Ode Ida sempat bilang, "Sehubungan dengan munculnya virus Corona, maka pemerintah Indonesia seharusnya segera mengeluarkan larangan masuk pekerja asal China."

Dalam waktu singkat kabar tentang banyaknya korban yang terjangkit virus Corona terus bertambah banyak. Untuk itulah saya mengajak teman-teman untuk bersama meminta Pemerintah Bapak presiden Joko widodo dan bapak Menteri Kesehatan segera untuk memperketat akses masuk turis dan pekerja asal Tiongkok khususnya provinsi Hubei.

Kita bukannya menolak kedatangan warga negara lain, tapi hanya untuk sementara ini demi kesehatan warga negara Indonesia sampai penyebaran virus ini bisa dikendalikan dan kondisi di Wuhan bisa kembali stabil seperti semula.

Dukung dan sebarkan petisi ya teman-teman, sambil kita sama-sama mendoakan yang terbaik untuk saudara-saudara kita yang terjangkit virus ini.

Salam,

Sahfira Dinda Trianita

Sumber berita dan gambar:

https://internasional.kontan.co.id/news/cegah-virus-corona-warga-korea-selatan-tolak-kedatangan-turis-china?page=all
https://internasional.kompas.com/read/2020/01/29/14472081/tangkal-virus-corona-singapura-terbitkan-kebijakan-baru?page=all
https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/28/150015465/infeksi-virus-corona-meluas-5-negara-ini-larang-turis-china-berkunjung?page=all
https://www.liputan6.com/news/read/4164529/cegah-corona-ombudsman-ri-minta-pemerintah-keluarkan-larangan-masuk-tka-asal-china



Hari ini: Safhira dinda mengandalkanmu

Safhira dinda Trianita membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pemerintah Indonesia sudah saatnya perketat masuknya turis dan pekerja dari Tiongkok untuk cegah #coronavirus. @Kemlu_RI @ditjen_imigrasi @jokowi @KemenkesRI". Bergabunglah dengan Safhira dinda dan 323 pendukung lainnya hari ini.