Usut Tuntas Dugaan Korupsi Rektor UIN Suska Riau

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.


Baru-baru ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI temukan penggunaan anggaran tidak wajar pada tahun anggaran 2019 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau.

Jumlahnya pun gak nanggung-nanggung, mencapai 42,4 Miliar Rupiah.

Anggaran tidak wajar itu di antaranya dugaan pembelian tiket pesawat untuk anak Rektor senilai Rp1.449.400 pada bulan Mei 2019, dugaan pembelian tiket pesawat untuk orang tua Rektor tujuan Pekanbaru-Surabaya pada bulan Juli 2019, dan dugaan pengeluaran kas untuk biaya pulang kampung Rektor ke Malang sebesar Rp10 juta.

Maret lalu Rektor UIN Suska Riau sempat memberikan klarifikasi lewat media yang menyatakan kalau Rektor sudah klarifikasi ke Bendahara pengeluaran yang mengatakan semuanya sudah clear dan semua belanja dapat dipertanggungjawabkan.

Lalu, gimana tindak lanjut BPK dari temuan 42,4 Miliar tadi? Apakah dengan klarifikasi media bisa dinyatakan langsung clear?

Gak hanya soal temuan BPK, Rektor UIN Suska Riau juga kerap menggunakan posisinya tidak sewajarnya. Misalnya, pernah menerbitkan surat tugas untuk istrinya yang bukan pegawai negeri di lingkungan UIN Suska pada acara Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) di Malang tahun 2019

Di urusan organisasi kemahasiswaan juga, Rektor sendiri yang memilih siapa yang bisa menjabat. Kami sebagai mahasiswa malah gak dikasih kesempatan melaksanakan pesta demokrasi untuk memilih ketua.

Beberapa mahasiswa teman kami pun kini terancam di DO karena ikut aksi. Parahnya lagi kalau yang ikut punya jabatan di organisasi, Rektor langsung mencabut jabatannya dan memberikan kepada mahasiswa lain pilihannya.

Melihat sikap pak Rektor inilah yang membuat kami mahasiswa menginginkan yang terbaik untuk kampus kami. Kami meminta Komisi Pemberantasan Korupsi untuk turun tangan melakukan tindak lanjut hasil temuan BPK RI.

Dan jika memang terbukti merupakan tindak pidana korupsi, kami meminta Menteri Agama untuk mencopot Rektor UIN Suska saat ini dari jabatannya.

Teman-teman, Kami butuh bantuanmu untuk menandatangani petisi ini. Demi transparansi dan masa depan pendidikan kita.

Salam,
Keluarga Mahasiswa UIN Suska Riau.