Kemenangan

Bebaskan Tersangka Ngaben Sudaji

Petisi ini membuat perubahan dengan 13.502 pendukung!


Bebaskan Tersangka Ngaben Sudaji

Penegakan hukum yang berkeadilan, persamaan di depan hukum dan proses yang berdasarkan aturan hukum yang jelas dan tegas adalah dambaan seluruh rakyat Indonesia, bahkan masyarakat dunia.

Kami meminta segenap pecinta keadilan, pecinta adat dan yang berpikir sehat soal penegakan hukum untuk mengisi petisi online yang ditujukan kepada Polres Buleleng yang telah mentersangkakan I Gede Suardana, pelaksana upacara adat Ngaben di Desa Sudaji karena melanggar jumlah orang yang ikut upacara sebanyak 25 orang di tengah wabah Covid 19 dan Yang Bersangkutan ditersangkakan dengan Pasal 14 UU No Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular dan Pasal 93 UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Perlu diketahui di Bali, termasuk Buleleng saat kejadian tersebut sampai petisi ini dibuat belum diberlakukan PSBB atau Karantina Wilayah, namun karena upacara adat Ngaben yang sebenarnya sudah hasil koordinasi dengan semua pihak di desa setempat bisa terlaksana. Tersangka diproses karena dituduh membiarkan jumlahnya lebih 25 orang yang ikut. Dan untuk diketahui, di Desa Sudaji sampai petisi ini dibuat tidak ada yang positif terkena Covid 19.

Di sisi lain, aparat penegak hukum malah membiarkan kondisi pasar di Buleleng yang masih berdesakan dan jauh melebihi 25 orang, bahkan judi tajen hampir di seluruh Bali hanya dihimbau untuk bubar oleh aparat padahal itu masih masuk pidana pasal 303 KUHP. Tidak hanya urusan Covid 19.

Begitu juga kerumunan saat awal pelaksanaan PKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat) maupun pengambilan BLT di kantor pos yang berjubel di Denpasar, tidak ada aparat yang ambil tindakan apapun.

Sikap ini sangat ironis dengan pujian pemerintah pusat kepada peran adat selama ini. Bahkan melihat ribuan orang menjemput kebebasan Habib Smith ataupun berjubelnya penumpang di Bandara Soeta yang wilayahnya sudah PSBB dan kejadian-kejadian lainnya tidak ada tindakan proses hukum apapun dari aparat kepolisian.

Diskriminasi penegakan hukum yang merugikan citra adat ini telah melukai rasa keadilan masyarakat Bali. Aparat penegak hukum telah berlaku tidak adil dan jauh dari jiwa pengayoman.

Mari bantu kami memperjuangkan Kebebasan Tersangka Ngaben yang diproses pidana hanya karena melaksanakan upacara melebihi 25 orang walau rangkaian pelaksanaan sudah menggunakan penyemprotan desinfektan, hand sanitizer dan masker.

Bebaskan atau adili juga semuanya..!!!

https://news.detik.com/berita/d-5012965/mendagri-minta-pelanggar-psbb-diberi-sanksi-sosial-push-up-hingga-bebersih

 



Hari ini: persadha mengandalkanmu

persadha nusantara membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kapolri Jenderal Idham Azis: Bebaskan Tersangka Ngaben Sudaji". Bergabunglah dengan persadha dan 13.501 pendukung lainnya hari ini.