Petition update

Gakkum LHK terima 255 ribu dukunganmu untuk hukum perusahaan pembakar hutan dan lahan

Nurul Fitria
Pekanbaru, Indonesia

Jan 28, 2020 — 

Halo teman-teman semua!

Terima kasih ya, sudah dukung petisi ini supaya perusahaan pembakar hutan dan lahan di Riau dihukum. Yaya punya kabar baik untuk kalian semua. Kamis pekan lalu (23 /1) lebih dari 255 ribu dukungan kalian sudah kami serahkan dan diterima dengan baik oleh Direktur Jenderal Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK), Bapak Rasio Ridho Sani.

Kami menemui Pak Rasio, atau yang akrab dipanggil Roy untuk beraudiensi terkait upaya mengantisipasi musim kemarau di Riau yang diperkirakan akan dimulai bulan Februari 2020 ini. Pak Roy menyambut baik dukungan kalian semua untuk hukum perusahaan pembakar hutan dan lahan. “Bagi kami, petisi yang difasilitasi oleh Change.org ini merupakan sebuah energi besar untuk bersama-sama menghentikan kejahatan pembakaran hutan dan lahan yang dapat menyebabkan dampak yang sangat serius bagi masyarakat dan ekosistem kita, yang dampaknya tidak hanya untuk hari ini tapi juga untuk masa yang akan datang. Mari kita bersama sama menghentikan kejahatan kebakaran hutan dan lahan,” kata Pak Roy.

Menurutnya, penegakan hukum dan pengawasan baik oleh aparat penegak hukum di daerah maupun oleh KLHK, serta pihak-pihak yang lain akan dilakukan lebih intensif lagi kedepannya.

Sekali lagi, Yaya mau berterima kasih untuk kalian, yang sudah tanda tangan dan sebarkan petisi ini. Gakkum KLHK sekarang sudah menyegel 11 perusahaan yang areal konsesinya dibakar. Dua perusahaan, PT SSS dan PT TI sudah ditetapkan sebagai tersangka. PT SSS sekarang bahkan sedang menjalani proses persidangan.

Semoga aparat penegak hukum segera memproses 9 perusahaan lainnya, demi keadilan bagi para korban asap karhutla.

Terus suarakan dan kawal upaya penegakan hukum terhadap korporasi pembakar hutan dan lahan di Riau. Semoga kedepannya lebih banyak lagi korporasi pelaku Karhutla yang dihukum.

 

Salam,

Yaya

 


Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.