Petition update

2 Perusahaan Pembakar Lahan Riau Dijadikan Tersangka

Nurul Fitria
Pekanbaru, Indonesia

Nov 7, 2019 — 

Halo teman-teman, apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja. Yaya mau ngucapin terima kasih dulu untuk semua dukungan kalian untuk petisi ini. Sudah lebih dari 252 ribu orang yang dukung penegakkan hukum untuk perusahaan pembakar lahan! Terima kasih ya semuanya. 


Kabar baiknya, sudah 2 perusahaan di Riau dijadikan tersangka! Selain itu, Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Riau yang baru, Agung Setya Imam Effendi, berani buat gebrakan di minggu pertamanya menjabat. Kapolda Riau, tetapkan Bos PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS)—yang lahannya terbakar seluas 150 hektar—sebagai tersangka dan menyerahkan berkasnya ke Kejaksaan. PT Adei Plantation & Industry juga sudah ditetapkan sebagai sebagai tersangka! 


Hari ini hujan mulai turun di Riau, asap dan karhutla pun perlahan-lahan mulai menghilang. Tapi, meskipun hujan sudah datang, bukan berarti perusahaan ini tidak mendapat hukuman.


Meskipun Polda Riau sudah tetapkan 2 perusahaan jadi tersangka,tapi masih banyak perusahaan lainnya yang disegel belum diproses di pengadilan dan dihukum. Sejauh ini, KLHK sudah segel 10 perusahaan di Riau dan sekitar 80 perusahaan di Indonesia.

Saya ingin mengingatkan kembali bagaimana kondisi di Riau saat karhutla terjadi. Saat itu, untuk kami bernapas saja sulit. Kondisi udara selama seminggu berada dalam level sangat berbahaya. Lebih dari 300 ribu warga Riau terserang ISPA, bahkan 3 orang warga—satu diantaranya bayi berusia 3 hari—diduga meninggal karena  terpapar asap karhutla.  


Saya dan warga Riau akan terus berikan dukungan pada Polda Riau dan KLHK untuk memproses perusahaan pembakar lahan ini sampai ke pengadilan. Mimpi kami hanya satu, bisa hirup udara segar yang nggak berbahaya buat kesehatan.


Yuk, bantu sebarkan petisi ini! Agar semua ingat kalau masalah asap dan kebakaran nggak berhenti saat hujan datang, tapi tetap harus dilanjutkan sampai tuntas! Hukum perusahaan pembakar lahan, agar kita bebas asap di masa depan


Untuk informasi lebih lanjut, bisa dilihat di: https://www.merdeka.com/peristiwa/polda-riau-tetapkan-pt-sss-tersangka-kebakaran-hutan.html


Yaya (Jikalahari)

#CukupSudah


Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.