Tolak Tambang PT Emas Mineral Murni (PT EMM) di Nagan Raya dan Aceh Tengah, Propinsi Aceh

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


MENOLAK 10.000 Hektar PT. Emas Mineral Murni

Menyelamatkan Sumber Kehidupan

Paska terbitnya Pengumuman Pemasangan Tanda Batas Pada Wilayah Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi PT. Emas Mineral Murni (PT. EMM) pada tanggal 9 Juli 2018, dengan luas area konsensi 10.000 Hektar. Lokasi izin berada di Area Penggunaan Lain (APL) seluas 2.779 Ha, Hutan Lindung 4.709 Ha. Wilayah usaha terletak dalam Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) seluas 2.478 Ha yang terdiri dari APL 1.205 Ha dan HL 1.273 Ha. Lokasi pertambangan emas PT. EMM berada di 2 (dua) kecamatan, yaitu Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya dan Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah.

PT. EMM merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) seluruhnya dilakukan melalui pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, tanpa melibatkan Pemrintah Aceh maupun Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Tengah serta tidak melibatkan masyarakat yang akan menerima dampak langsung dari aktifitas PT. EMM.

Aktifitas penambangan emas dalam kawasan hutan akan berdampak negatif terhadap lingkungan hidup, sosial budaya dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Dampak negatif sebagai berikut:

  • Meningkatnya bencana ekologis yang ditimbulkan dari aktifitas Pertambangan
  • Menciptakan lubang-lubang besar yang ditimbulkan dari aktifitas pertambangan
  • Mengancam sumber-sumber kehidupan masyarakat akibat menurunnya kualitas air dan tingginya sendimentasi terhadap sungai-sungai disekitar lokasi penambangan
  • Mempersempit ruang kelola rakyat terhadap sumber daya hutan dan lahan yang selama ini menjadi sumber penghidupan utama masyarakat yang berada di wilayah usaha pertambangan PT EMM
  • Mengancam kekayaan keanekaragaman hayati yang berada di wilayah usaha pertambangan

Berdasarkan kondisi di atas, kami atas nama masyarakat Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, dan Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah dengan ini menyatakan sebagai  berikut:

  • Menolak tambang PT. Emas Mineral Murni (PT. EMM) dan segala jenis pertambangan lainnya di Beutong Ateuh Banggalang, Nagan Raya.
  • Meminta kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membatalkan AMDAL PT. Emas Mineral Murni (PT. EMM) 
  • Meminta kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk menghentikan seluruh aktifitas yang sedang dan akan dilakukan oleh PT. Emas Mineral Murni (PT. EMM)
  • Meminta kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk melakukan evaluasi dan mencabut izin usaha pertambangan operasi produksi PT. Emas Mineral Murni (PT. EMM)
  • Meminta kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Tengah menyurati Pemerintah Pusat menolak dan mencabut izin usaha pertambangan PT. Emas Mineral Murni (PT. EMM).


Hari ini: Muhammad mengandalkanmu

Muhammad Nur membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Tolak Tambang PT Emas Mineral Murni (PT EMM) di Nagan Raya dan Aceh Tengah, Propinsi Aceh". Bergabunglah dengan Muhammad dan 449 pendukung lainnya hari ini.