Permohonan untuk memberikan keringanan bagi pekerja Hotel dan Restoran di Indonesia

0 telah menandatangani. Mari kita ke 7.500.


Yth Bapak Presiden Joko Widodo,

Kami selaku pekerja di sektor Perhotelan dan Restoran saat ini sangat dan turut prihatin atas merebak nya covid-19 belakangan ini. Betapa kerasnya perjuangan Bapak serta perangkat Pemerintah Pusat dan Perangkat daerah telah kami rasakan dalam berbagai kebijakan untuk meredam pandemi covid-19 dari bumi Indonesia yang kita cintai. Kita tahu, berbagai hal mengenai pencegahan covid-19 seperti bekerja atau belajar di rumah, Social Distancing adalah suatu jalan yang efektif demi kebaikan kita semua serta adanya himbauan untuk jenis Usaha Hotel dan Restoran khususnya agar menunda penyelenggaraan event dan/ untuk kegiatan yang mengumpulkan orang dengan jumlah relatif banyak. Tanpa terkecuali seluruh elemen masyarakat Indonesia harus turut serta bahu membahu meredam wabah ini dengan cara tersebut, termasuk keluarga kecil di rumah yang kami cintai.

Tetapi tidak dengan kami para pekerja hotel dan restoran. Kewajiban yang besar untuk menafkahi keluarga dimana saat ini agar kiranya Bapak Presiden Joko Widodo dan pemangku Jabatan terkait dapat memberikan beberapa keringanan sebagai berikut :

1. Pembebasan pajak pendapatan dalam kurun waktu beberapa bulan kedepan bagi karyawan Hotel dan Restoran yang masih bekerja.

2. Memberikan konpensasi kepada Karyawan Hotel dan Restoran yang sudah di PHK secara sepihak oleh beberapa managemen Hotel di seluruh Indonesia.

3. Penangguhan segala bentuk kredit : Rumah, Mobil dan Motor bagi karyawan Hotel dan Restoran baik yang masih bekerja dan yang sudah di rumahkan sementara dan sudah di PHK.

Oleh karena itu, besar sekali harapan kami kiranya Bapak Presiden Joko Widodo, Ibu Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan, Bapak Wishnutama selaku Menteri Pariwisata, Menteri Ketenagakerjaan dan Komisi X DPR RI dapat mengintervensi melalui kebijakannya untuk membantu.

Dengan sangat menghormati teman-teman para medis saat ini, maka kami pun tetap berjuang memberikan jasa kami kepada rakyat Indonesia walaupun dengan resiko tertular wabah di luar sana. Kita pun mengerti efek Pandemi covid-19 telah secara signifikan mengurangi pendapatan siapapun pekerja dan pelaku usaha di Indonesia. Ini adalah kejadian yang dapat dikategorikan bencana serta tidak dapat terhindarkan. Harapan kami semua para pekerja hotel dan restoran dapat saling menguatkan dalam menghadapi wabah ini. Pekerja hotel dan restoran daring harus teguh, kuat dan bertahan secara ekonomi hingga pandemi ini berakhir.

Demikian surat terbuka dan pengantar petisi kami para pekerja hotel dan restoran di Indonesia. Semoga Tuhan senantiasa melindungi kita semua dari cobaan ini.

DPP IFBMA (Indonesian Food & Beverage Manager Association).

Robby Manullang

Ketua Umum