#Justice For Serikat Mandiri Batanghari

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


18 Juli 2019 hari dimana ketika ibu-ibu dan anak-anak dipaksa melihat dan menyaksikan sendiri suami-suami mereka, ayah-ayah mereka, anak-anak mereka dipukuli dan disiksa dalam keadaan tangan terikat, tertelungkup, penuh lebam dan berdarah diruangan yang berlantai dingin dan kotor tampa makanan dan minuman.

Salah seorang ibu rumah tangga yang biasa bekerja sebagai pemecah kelapa pipinya pada saat itu dilukai oleh moncong senjata karena mencoba meronta tidak tega melihat menantunya dianiaya. disana ada bayi berumur 1,5 tahun kedinginan hingga muntah-muntah karena tidak diperbolehkan untuk pulang mengambil baju, dan seorang perempuan hamil tiga bulan bajunya sobek, tangan, dan bagian tubuhnya memar karena ditarik oleh 2 orang pria yang wajahnya ditutupi topeng ketika dipaksa keluar dari rumahnya sediri.

Mereka semua adalah kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) di Kabupaten Batanghari, Jambi yang telah diperlakukan sewenang-wenang oleh anggota TNI dan Polri. SMB dibentuk untuk tujuan memerdekakan kaum tani dari kemiskinan, ke awaman dan kurangnya informasi dan pengetahuan yang diketuai oleh Muslim yang juga sempat tergabung dalam Organisasi Persatuan Petani Jambi (PPJ) dalam memperjuangkan lahan bertani yang telah di klaim oleh PT. Wira Karya Sakti (WKS).

Hingga saat ini 59 orang ditahan di Polda Jambi dan sebagian lainnya ditetapkan sebagai DPO, rumah-rumah mereka sudah dibakar dan puing-puingnya dikubur tidak luput juga Sekolah, Masjid dan Gereja, dan berbagai pelanggaran lainnya yang terjadi terhadap anggota SMB, berbagai tuduhanpun dilemparkan terhadap mereka yang tidak jelas kebenarannya.

Diatas hukum ada kemanusiaan, hukum untuk memanusiakan manusia, bukan manusia untuk hukum, oleh karena itu, ayo sama-sama kita minta kepada Presiden Republik Indonesia, Kemenkumham, Komnas HAM, KPAI, Komnas Perempuan untuk dapat mendorong proses hukum dan membentuk Tim Pencari Fakta agar dapat menegakkan keadilan yang seadil-adilnya terhadap anggota SMB yang sudah menerima perlakuan yang tidak selayaknya sebagai manusia dan memulihkan kembali hak-haknya.

Jika kamu setuju Hukum harus ditegakkan atas nama kemanusiaan. Tandatangani petisi ini dan beritahu teman-temanmu untuk selamatkan kemanusiaan.