Tolak Pameran Industri Rokok!

Petisi ditutup

Tolak Pameran Industri Rokok!

Petisi ini mencapai 13.760 pendukung


Lagi-lagi Indonesia menjadi target industri rokok dalam memasarkan produknya. Pameran rokok bertajuk WT Process and Machinery Asia Exhibition 2016 akan diselenggarakan di Jakarta International Expo Centre (JIExpo) Jakarta pada tanggal 27 - 28th April 2016.

Saat ini Jakarta merupakan Kota yang sudah cukup baik dalam menerapkan peraturan tentang pengendalian Tembakau, diantaranya adalah:

  1. Pergub 50 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembinaan, Pengawasan dan Penegakan Hukum Kawasan Dilarang Merokok
  2. Pergub 1 Tahun 2015 Tentang Larangan Penyelenggaraan Reklame Rokok dan Produk Tembakau Pada Media Luar Ruang
  3. Pergub 244 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Reklame - Pasal 42 ayat (1)

Jika Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran rokok, itu artinya Jakarta tidak konsisten terhadap peraturan yang telah ada.

Indonesia punya sejarah kelam dimana 2 pameran rokok bertaraf Internasional berhasil masuk ke Indonesia, tahun 2012 bertajuk World Tobacco Asia dan tahun 2014 bertajuk Inter-tabac Asia.

World Tobacco Asia 2012

World Tobacco Asia di Jakarta berhasil diselenggarakan tahun 2012 dengan menuai berbagai protes dari mahasiswa dan aktivis yang peduli kesehatan masyarakat. Pada saat itu, Colin Case (Panitia Pelaksana), dalam aksi protes tahun 2012 berjanji kepada mahasiswa bahwa mereka tidak akan kembali ke Indonesia untuk melaksanakan kegiatan yang sama (http://seatca.org/?p=593), Nyatanya janji hanya janji, melalui nama yang berbeda mereka datang kembali ke Indonesia dengan misi yang sama.

Inter-tabac Asia 2014

Pada Tahun 2014, lagi-lagi Indonesia menjadi target industri rokok internasional untuk menyelenggarakan pameran bertajuk “Inter-tabac Asia” yang akan diselenggarakan di Bali – Indonesia. Namun berkat perjuangan para aktivis yang peduli terhadap kesehatan masyarakat, pameran tersebut pada akhirnya dibatalkan. Bahkan ketika akan dipindahkan ke Jakarta, dengan tegas Bapak Ahok menolaknya.

Tema world tobacco exhibition tahun ini adalah mengenai proses dan mesin, ini jelas merupakan agenda besar industri rokok yang pelan-pelan akan menggantikan buruh linting dengan mesin.

Di dunia internasional, industri tembakau adalah industri yang sangat dikucilkan dan cenderung tidak mendapatkan tempat untuk melakukan promosi terlebih melakukan sebuah exhibition bertaraf internasional. Apabila acara ini tetap akan dilaksanakan, maka akan mempermalukan pemerintah Indonesia di mata Internasional, maka tidak ada alasan kita menerima mereka di Indonesia.

Karena itu, saya menuntut Bapak Basuki Tjahaja Purnama atau Bapak Ahok untuk menolak WT Process and Machinery Asia Exhibition 2016!



Hari ini: Yosef mengandalkanmu

Yosef Rabindanata Nugraha membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Bapak @basuki_btp, Tolak Pameran Industri Rokok!". Bergabunglah dengan Yosef dan 13.759 pendukung lainnya hari ini.