Cabut Ijin Usaha SMS Premium Glovinus

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Saya pelanggan telepon selular prabayar SMARTFREN merasa dirugikan oleh penyelenggara SMS Premium Glovinus-96969 yang tanpa persetujuan/permintaan saya telah memotong pulsa telpon saya secara berkala untuk layanan yang tidak saya ketahui.

Awalnya saya tidak pernah membuka SMS yang dikirim dari nomor 96969 dan saya cenderung menghapus SMS dari nomor seperti itu selain dari 3346 untuk keperluan notifikasi transaksi perbankan. Beberapa hari lalu saya iseng membuka SMS dari 96969 yang isinya:

"Terima kasih permintaan anda telah diproses. Anda akan dikenakan tarif 2000.0 (+PPN 10%)"

dan

"Pembayaran Anda untuk Glovinus-96969 berhasil. Terima kasih."

Pesan tersebut saya perhatikan dikirimkan kepada saya hampir tiap 2 hari. Itu artinya setiap 2 hari pulsa saya dipotong oleh penyelenggara Glovinus-96969 sebesar Rp. 2.000,-

Kemudian saya coba googling untuk mengetahui mahluk apa Glovinus-96969 itu. Ternyata korban dari Glovinus-96969 banyak saya temukan. Bagaimana mungkin orang yang tidak mendaftar dinyatakan "mendaftar" dan "dipotong" pulsanya secara sepihak tanpa sepengetahuan atau permintaan yang bersangkutan? Itu sama saja dengan melakukan "pencurian". Terlebih lagi cara untuk mengentikan layanan tersebut setelah saya coba mengirim pesan balik UNREG dan STOP dinyatakan sebagai "keyword yang salah".

3 hari yang lalu saya telah meminta bantuan pihak SMARTFREN untuk menghentikan layanan tersebut, tetapi sampai saat ini tidak terselesaikan.

Berkaitan dengan hal di atas, saya mengajak pengguna telepon selular untuk memeriksa inbox SMS, jangan-jangan Anda mengalami nasib yang sama dengan saya.

Untuk penyelenggara Glovinus-96969 segeralah bertobat, berusahalah secara jujur, dan jangan jadi pencuri pulsa seperti itu.

Untuk BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia dan pihak Kepolisian, segeralah tertibkan perusahaan seperti ini. Buatlah regulasi yang memudahkan pengguna telepon selular untuk melakukan UNREG/STOP dari layanan seperti ini. Kejadian seperti  ini sepertinya merupakan pengulangan dari kasus SMS Premium di tahun 90-an, di mana para penyelenggara SMS Premium dapat seenaknya menetapkan pengguna telepon selular sebagai pelanggan SMS Premium walaupun tidak pernah mendaftar.

Terakhir, untuk menghindarkan adanya korban-korban baru, bagi Anda yang pernah menjadi korban, masih menjadi korban, dan tidak mau menjadi korban layanan Glovinus-96969 saya minta dukungannya agar Ijin Usaha Penyelenggara Glovinus-96969 dicabut dan diproses secara hukum.

Terima kasih.