Berikan Opsi Kemasan Minim Plastik Sekali Pakai!

Berikan Opsi Kemasan Minim Plastik Sekali Pakai!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 10.000.
Dengan 10.000 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin direspon oleh pembuat keputusan!
Pawai Bebas Plastik memulai petisi ini kepada Chris Feng (CEO Shopee Indonesia) dan

Sejak #dirumahaja karena pandemi, sadar gak sih kita jadi sering belanja online? Belum lagi, kalau ada influencer yang nyaranin Shopee / Tokopedia Haul misalnya.

Emang sih, belanja online bisa bantu usaha kecil masyarakat. Tapi dampak buruknya, bisa nambah banyak sampah plastik loh!

Walau cuma belanja barang kecil, tapi kemasannya bisa jadi lebih besar. Karena ditambah bubble wrap berlapis-lapis, terus dibalut lagi sama selotip plastik, dan dimasukkan ke kantong plastik lagi!

Abis itu sampah plastiknya diapain? Ya dibuang. Padahal, kita lagi ngerasain dampak dari krisis iklim gini, sebisa mungkin kita jangan nambah sampah plastik.

Apalagi, plastik itu dari awal diproduksi udah menghasilkan emisi, lho. Jadi kebayang kan, dampak buruk plastik ini nggak cuma pas dibuang aja.

Karena itu kami mulai petisi ini. Kami minta e-commerce, lewat IDEA, untuk kasih opsi agar konsumen bisa pilih kemasan minim plastik sekali pakai, atau ekspedisi yang ramah lingkungan.

Target PERTAMA kami ke Shopee dan Tokopedia. Karena menurut kami Shopee dan Tokopedia adalah salah satu e-commerce dengan penjualan terbanyak.

Kalau Shopee dan Tokopedia tergerak untuk mendengarkan permintaan kita, dampaknya ke lingkungan pasti besar banget. Dan e-commerce lainnya kemungkinan akan tergerak untuk mengikuti langkah Shopee dan Tokopedia.

Kami juga meminta agar Shopee dan Tokopedia beri pelatihan ke mitra merchant, driver dan kurir agar bisa mengemas barang yang minim plastik sekali pakai.

Dulu, kita berhasil meminta Grab dan Gojek beri tombol opsi supaya pembeli bisa pilih untuk nggak pakai alat makan plastik. Kami yakin Shopee juga pasti bisa melakukan hal yang sama.

Bantu dukung dan sebarkan petisi ini di medsosmu juga teman-teman, kemudian tag kami pakai #pawaibebasplastik ya!

Salam,
Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Divers Clean Action, Pulau Plastik, WALHI Jakarta, Indorelawan, Greenpeace dan EcoNusa dan 90+ pihak lainnya.

(Baca surat selengkapnya, dan mereka yang sudah mendukung surat ini di sini)

0 telah menandatangani. Mari kita ke 10.000.
Dengan 10.000 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin direspon oleh pembuat keputusan!