Walikota Malang: Keluarkan Peraturan Daerah Larangan Penggunaan Kantong Plastik

0 telah menandatangani. Mari kita ke 5.000.


Teman-teman, pernah dengar program #IndonesiaBebasSampah2025?

Program ini adalah program pemerintah untuk mengurangi sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70% dari timbulan sampah nasional. 

Tapi di Malang kota tempat saya tinggal, kondisi tumpukan sampahnya sangat kritis. Terlihat jelas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang. Produksi sampah bisa mencapai 600 ton per hari. 

Paling banyak sampah plastik. Padahal ini bisa didaur ulang. 

Diet Sampah Plastik memang sudah dicanangkan Pemkot Malang sejak 2016. Tapi penggunaan kantong plastik masih ada di mana-mana. Soalnya payung hukumnya pun gak ada untuk menindak pihak yang masih pakai kantong plastik sekali pakai. 

Sementara kota-kota besar seperti Jakarta, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan udah sukses menerapkan Perda larangan pemakaian kantong plastik. Di Malang kapan nih?

Kalau ditanya alternatif pengganti kantong plastik apa aja. Ada banyak kok pilihannya. Misalnya nih keranjang bambu atau besek bambu, tas kain yang bisa digunakan berulang kali, dan kantong berbahan singkong, rumput laut, kentang, dll. 

Kalau disosialisasikan dengan baik dengan perda yang jelas, produsen maupun UMKM pasti bisa beradaptasi dan beralih kepada bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan. 

Karena itulah kami muda mudi Malang yang tergabung di #MalangFutureGeneration bikin petisi kepada Walikota Malang untuk keluarin Peraturan Daerah (PerDa) Pelarangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai di kota Malang. 

Tahun 2018 kemarin, Dinas Lingkungan Hidup udah sempat mengajukan kebijakan mengenai kantong plastik melalui Peraturan Walikota (Perwal). Tapi ditolak Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

Alasannya, Perwal tidak kuat sebagai payung hukum. Karena itulah saat ini PerDa sangat diperlukan.

Teman-teman, bantu kami suarakan #MalangBebasSampah2025 ya. Dimulai dari satu tanda tanganmu di petisi. Bukan hanya untuk Kota Malang aja. Kita bantu wujudkan satu persatu kota-kota di Indonesia bebas kantong plastik.

Kami percaya bahwa satu suara kalian di petisi dapat membuat perubahan yang besar untuk lingkungan! every steps we took is counted, even the smallest one! Make yours now! 

Salam,

Anna Zakaria & Malang Future Generation