Petition Closed

PERTAHANKAN KEBERADAAN PASAR PAHINGAN MAGELANG

Keberadaan pasar tiban Pahingan yg menyatu dng pengajian di masjid agung Alun-Alun Magelang setiap 35 hari sekali layak dipertahankan karena sdh menjadi tradisi puluhan tahun dan sdh menjadi ikonik budaya kota Magelang. Pasar ini bukan pasar EKONOMI semata, namun lebih sebagai Intangible Heritage (Cagar Budaya Non Bendawi). Di dalamnya terkandung nilai-nilai Sosio kultural, historis, dan spiritualitas yang tinggi. Pembubaran atasnya, dengan alasan variabel ekonomi semata jelas sangat menciderai perasaan warga kota. Apalagi jika pengambilan keputusan tersebut tanpa melewati kajian mendalam dan tanpa melibatkan unsur2 masyarakat yang berkepentingan. 

Walikota, melalui Dinas Pengelola Pasar harus mencabut surat edaran yg melarang pedagang berjualan di Alun-alun saat pengajian tersebut, dan meminta maaf kepada segenap warga kota Magelang, mengaku telah khilaf dalam menerbitkan surat tersebut.

Saya mengajak Anda, segenap warga Magelang baik yang berada di wilayah Magelang Raya, atau di lima penjuru dunia, bagi Anda yang pernah hidup atau lahir di sini, dan orang-orang yang peduli menyelamatkan heritage Indonesia yang satu per satu mulai hilang, mari kita bergandengan tangan mewujudkan Indonesia yg lebih baik, berkarakter, berjati diri, dengan ikut menandatangani petisi ini. Pahingan adalah mata cincin heritage Indonesia. Sama pentingnya dengan heritage yang lain. 

Pemerintah kota Magelang selanjutnya dapat melibatkan budayawan, takmir masjid, tokoh masyarakat, dan pinisepuh dalam mengelola pasar tiban ini agar bisa terus berjalan namun bisa lebih tertib dan semakin indah sehingga dapat benar2 menjadi destinasi wisata, kekayaan budaya, penyelamatan tradisi, dan ruang publik yg hangat.

Saya, Danu Wiratmoko, warga kota Magelang asli, seorang anak negeri, bersama2 dng beberapa seniman, budayawan, dan pemerhati heritage, benar2 peduli dalam menyelamatkan akar budaya kota Magelang. Save heritage, save culture, save Magelang, Save Indonesia!!

This petition was delivered to:
  • Pemerintahan Kota Magelang
    Walikota Magelang

    danu wiratmoko started this petition with a single signature, and now has 645 supporters. Start a petition today to change something you care about.