Kemenangan

Telkom jangan perdaya Pelanggan Indihome dengan Diskon yang menyesatkan

Petisi ini membuat perubahan dengan 154 pendukung!


Sekitar bulan Juli 2015 saya dihubungi Telemarketing Telkom menawarkan upgrade Speedy ke paket IndiHome 3P (Telepon, Internet dan UseeTV) dengan kecepatan 2 Mbps (karena di tempat saya belum masuk jaringan FO) dengan biaya berlangganan Rp.320.000,- perbulan.

Saya setuju karena tidak jauh berbeda dengan biaya tagihan Speedy ditambah Telepon saya selama ini.

Setelah saya upgrade ke IndiHome, setiap bulannya tagihan IndiHome saya di bayar oleh Kartu Kredit Bank Permata sehingga saya tidak pernah menerima Bukti Pembayaran Jasa Telekomunikasi dari Telkom.

Tiba-tiba tagihan IndiHome saya bulan Februari 2016 ini untuk pemakaian bulan Januari 2016 melonjak menjadi Rp.438.875,- dari biasanya sekitar Rp.370.000,-

Karena ada kenaikan jumlah tagihan, saya mendatangi Plaza Telkom untuk menanyakan penyebabnya dan sekalian meminta Duplikat Bukti Pembayaran Jasa Telekomunikasi saya dari bulan tagihan Agustus 2015 sampai bulan tagihan Januari 2016.

Alangkah terkejutnya saya ketika mengetahui ternyata Telkom tanpa setahu dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada saya, telah menaikkan Biaya IndiHome 3P saya menjadi Rp.600.000,- dari yang diperjanjikan semula sebesar Rp.320.000,-

Kenaikan tersebut selama ini tidak saya rasakan karena oleh Telkom biaya yang Rp.600.000,- tadi dikurangkan dengan Lokal SLJJ dan Restitusi/Diskon/Debet yang tidak jelas dan tidak pernah diberitahukan ke saya, sehingga total tagihan yang saya bayar tidak jauh berbeda dari yang diperjanjikan semula.

Tindakan Telkom yang menaikkan secara sepihak Biaya IndiHome 3P menjadi Rp.600.000,- kemudian mengurangkannya dengan Lokal SLJJ dan Restitusi/Diskon/Debit sehingga saya tidak mengetahui dan merasakan kalau Biaya IndiHome 3P tersebut sebenarnya telah dinaikkan dan tidak lagi sesuai dengan apa yang diperjanjikan semula, menurut hemat saya dapat dikategorikan Telkom telah menawarkan, mempromosikan, mengiklankan atau membuat pernyataan yang tidak benar atau menyesatkan mengenai harga atau tarif IndiHome. 

Telkom juga dapat dikategorikan menawarkan, mempromosikan atau mengiklankan IndiHome dengan harga atau tarif khusus dalam waktu dan jumlah tertentu tanpa bermaksud untuk melaksanakannya sesuai dengan waktu dan jumlah yang ditawarkan, dipromosikan atau diiklankan. Sebagaimana yang dilarang menurut Pasal 10 huruf a. jo. Pasal 12 UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Selanjutnya Telkom juga patut diduga keras telah membuat perjanjian yang mengakibatkan Pembeli yang satu harus membayar dengan harga yang berbeda dari harga yang harus dibayar oleh Pembeli lain untuk barang dan atau jasa yang sama (paket IndiHome yang sama), sebagaimana yang juga dilarang oleh Pasal 6 UU No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Apalagi yang namanya diskon itu kan dapat saja sewaktu-waktu dihentikan atau dicabut oleh pihak Telkom, sehingga kalau itu yang terjadi maka biaya IndiHome 3P yang harus saya bayar tentu menjadi Rp.600.000,-

Oleh karena itu, melalui Petisi ini saya harapkan agar Telkom :

  1. Tidak lagi mewajibkan Pelanggan untuk berlangganan IndiHome secara paket (Telepon, Internet dan UseeTV).
  2. Bebaskan Pelanggan untuk memilih apa yang dibutuhkannya.
  3. Kalau sudah paket, jangan cantumkan lagi biaya komponennya (POTS, Internet, UseeTV, Movin, STB & ONT) karena komponen biaya tersebut berpotensi untuk disalah gunakan dan dimanfaatkan oleh Telkom untuk menaikkan harga secara sepihak dikemudian hari.
  4. Telemarketing harus menjelaskan secara terbuka kepada calon Pelanggan berapa sebenarnya Biaya IndiHome 3P.
  5. Jangan melakukan jebakan-jebakan dengan menggunakan istilah Promo.
  6. Kembalikan biaya tagihan paket IndiHome saya sebagaimana yang diperjanjikan semula pada bulan Juli 2015. yang lalu yaitu Rp.320.000,- per bulan.


Hari ini: Agam mengandalkanmu

Agam Sandan membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "VP Marketing Telkom, dirut telkom, Menteri BUMN: Telemarketing Telkom Dalam Memasarkan IndiHome Jangan Jebak Pelanggan". Bergabunglah dengan Agam dan 153 pendukung lainnya hari ini.