Tolak Tambang Mangan di Pulau Sabu - NTT

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.500.


2 Perusahan Tambang mangan dari Sulawesi  PT. Cromindo Lestari Nusantara dan PT. Tiga Mas Nusantara mulai mengorek-ngorek muka bumi Pulau Sabu untuk Tambang Mangan.

Pemda Sabu sendiri tidak tahu, sebab izin turun dari Povinsi NTT. Kapan mereka melakukan Analisa Dampak lingkungan (Amdal) tiba-tiba 12 desa terancam digusur, 6 Desa di Liae, 6 Desa di Mesara.

Meskipun Pemda Sabu bilang kalau izin diturunkan Povinsi NTT, tapi Pemda Sabu dan Pemda NTT seharusnya membela rakyat dan lingkungannya. Di Pulau kecil ini Amdal smestinya bukan saja soal lingkungan, tetapi juga soal budaya.

Pulau Sabu tahun 1770 saat Joseph Banks tiba di sini, ia mencatat keheranannya karena pulau ini sangat bersih. "Tak ada satu kota pun di Eropa sebersih Pulau Sabu," catatnya. Budaya Jingitiu mengharamkan membuang sisa barang tak terpakai di sembarang tempat, budaya ini akan menjadi rusak. Tempat-tempat persembahan kepercayaan asli Jingitiu ikut rusak.

Sejumlah 3.000 ha yang diizinkan Pemda NTT untuk kedua Perusahaan tambang itu akan merusak bumi Sabu yang cuma 460 km2 persegi (46.000 ha) membuat rakyat yang sudah padat makin hidup berdesak-desakan.

Rembesan air laut akan makin ke dalam, sumur-sumur yang tidak banyak akan terasa asin dan masih banyak dampak lainnya. Pemerintah NTT semestinya beretika baik untuk tidak mengizinkan pulau-pulau kecil dieksploatasi perusahaan tambang.

Mengingat Tambang ini akan merusak lingkungan dan juga budaya di pulau sabu (Rai Hawu - Rai Due nga Donahu) saya meminta Pemda NTT dan Kementrian Lingkungan Hidup membatalkan Izin untuk Tambang Mangan di Pulau Sabu..

Saya juga mengajak seluruh masyarakat sabu dan seluruh masyarakat NTT dan seluruh penggiat Lingkungan Hidup dimanapun berada untuk bersatu menolak Tambang Mangan ini, karena tambang mangan ini akan berdampak buruk bagi Lingkungan dan juga kesehatan Masyarakat yang tinggal di Pulau Sabu (Rai Hawu)



Hari ini: Semuel mengandalkanmu

Semuel Bangngu membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Tolak Tambang Mangan di Pulau Sabu - NTT". Bergabunglah dengan Semuel dan 1.009 pendukung lainnya hari ini.