STOP kampanye SARA di Pilkada 2018! @KPU_ID @Bawaslu_RI, pertegas larangan kampanye SARA!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 50.000.


Pilkada DKI tahun lalu telah melukai bangsa ini. Isu SARA dan fasilitas serta kegiatan agama telah dieksploitir sedemikian rupa sehingga dampaknya tidak hanya untuk warga DKI, bahkan seluruh Indonesia. Penggunaan isu SARA pada Pilkada DKI tahun 2017 memecah belah bangsa dan membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa. Strategi memenangkan Pilkada dengan mengeksploitir isu SARA dan penggalangan dukungan lewat kegiatan keagamaan dan fasilitas agama tampaknya akan dipakai lagi pada Pilkada tahun ini. Tanda-tanda itu sudah terlihat, dan jargon-jargon serta framing issue sudah mulai terjadi. Hal ini harus dicegah sejak dini oleh KPU yang baru.

Kami menyambut baik niat KPU untuk menerapkan dengan konsekwen larangan penggunaan isu SARA dan kegiatan serta fasilitas agama dalam Pilkada tahun ini. Namun, dari pengalaman Pilkada DKI sangat sulit bagi pihak yang diserang isu SARA untuk mendapatkan keadilan dengan melaporkan ke Panwaslu karena definisi kampanye yang sangat sempit, dilakukan oleh tim sukses dan pada masa kampanye.

Untuk itu, kami minta kepada KPU untuk:

1. KPU memperluas definisi kampanye, tidak hanya pada masa kampanye dan dilakukan oleh tim sukses tapi juga termasuk pendukung, dan materi yang dibuat di luar tim sukses yang resmi.

2. Mempertegas pelarangan penggunaan isu SARA termasuk di dalamnya penggunaan kata2 pribumi dan non pribumi, kegiatan ibadah dan penggunaan fasilitas keagamaan untuk menggalang dukungan ke peserta/kandidat tertentu termasuk di dalamnya juru kampanye, tim sukses dan para konsultan politik yang memberikan saran kepada kandidat untuk menggunakan strategi SARA.

3. Panwaslu bersikap pro-aktif dan bekerjasama dengan polisi cyber untuk menindak siapapun yang meggunakan isu SARA untuk mendukung seseorang.

Terima Kasih,

Jakarta / 16 Januari 2018.
FB page: @lingkarperempuannusatara

 



Hari ini: Lingkar Perempuan mengandalkanmu

Lingkar Perempuan Nusantara membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "STOP kampanye SARA di Pilkada 2018! @KPU_ID @Bawaslu_RI, pertegas larangan penggunaan isu SARA dalam Pilkada 2018! #StopKampanyeSARA #Pilkada2018BebasSara". Bergabunglah dengan Lingkar Perempuan dan 46.837 pendukung lainnya hari ini.