Selamatkan Pegunungan Sewu dari Pembangunan South Mountain Paradise

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Melalui petisi ini, kami masyarakat sipil yang bergabung dalam Koalisi Masyarakat Peduli Pegunungan Sewu (KMPPS) menyampaikan keberatan kami tentang pembiaran proses pengrusakan Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) Pegunungan Sewu, khususnya di kawasan Pantai Seruni, Tepus, Gunungkidul. Kami sebut pembiaran karena telah kami saksikan bagaimana kawasan karst seluas lebih dari delapan hektare digempur dan diratakan demi pembangunan fasilitas pariwisata bagi kalangan menengah ke atas, yang konon telah mendapatkan restu dari Pemerintah Daerah Gunungkidul.

Proyek bernama "South Mountain Paradise" tersebut adalah prakarsa pembangun PT. Gunung Samudera Tirtomas, yang tanpa sungkan menyebut bahwa lahan seluas 2.000.000 m2 telah menjadi hak mereka untuk dijual kembali dalam bentuk resort, hotel, villa, dan perumahan eksklusif. Proyek ini diiklankan di media massa dan media sosial tanpa sedikitpun menyebutkan bahwa seluruh kawasannya dibangun di atas KBAK yang merupakan kekayaan alam sekaligus pelindung kehidupan masyarakat Gunungkidul dan sekitarnya.

KBAK Gunung Sewu memiliki komponen geologi yang unik, berfungsi mengatur tata air dan mengandung nilai ilmiah. Karena itulah UNESCO dan Pemerintah Republik Indonesia menetapkannya sebagai kawasan lindung geologi yang wajib dilestarikan demi keseimbangan alam dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Keputusan Menteri ESDM Nomor 3045 K/40/MEM/2014, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gunungkidul Tahun 2016-2021, Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gunungkidul, adalah sedikit saja bukti bahwa KBAK Gunung Sewu yang terletak di Gunungkidul harus dikelola sesuai daya dukung lingkungannya. Artinya, pengelolaan kawasan lindung geologi harus mengacu pada wawasan lingkungan hidup dengan cara mempertahankan ekosistem, melestarikan keunikan bentukan karst eksokarst maupun endokarst, serta memaduserasikan pengelolaan kawasan lindung geologi dengan tujuan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pariwisata berwawasan lingkungan karena KBAK adalah warisan dunia untuk anak cucu kita.

Kami menolak dan tak mungkin tinggal diam menyaksikan pengrusakan seketika karena proyek pembangunan di atas bentang alam karst Gunungkidul, khususnya yang mendesak saat ini adalah pembangunan tanpa izin oleh PT. Gunung Samudera Tirtomas di Pantai Seruni.

Kami mendesak Kepala Daerah dan segenap Aparatur Pemerintah Daerah Gunungkidul untuk menghentikan proses-proses perizinan yang bisa meloloskan proyek pembangunan tanpa wawasan lingkungan di Pantai Seruni tersebut. Karena membiarkan pembangunan berlangsung tanpa izin dan seolah-olah mempermudah proses pembangunan di Pantai Seruni, saat ini Pemerintah Daerah Gunungkidul sedang mendukung pengrusakan KBAK. Lebih lanjut, Pemerintah Daerah Gunungkidul melanggar aturannya sendiri, khususnya Peraturan Daerah Gunungkidul Nomor 11 Tahun 2012 tentang Bangunan Gedung, serta Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 34 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Kabupaten Gunungkidul tersebut.

Sebagai penutup, kami menunggu pelaksanaan kebijakan Kepala Daerah Gunungkidul dan penegakan aturan oleh segenap aparat Pemerintah Daerah Gunungkidul untuk MENGHENTIKAN SELURUHNYA PROSES PEMBANGUNAN OLEH KONTRAKTOR PT. GUNUNG SAMUDERA TIRTOMAS DI PANTAI SERUNI, TEPUS, GUNUNGKIDUL.

Sehingga kami mengharapkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat untuk mendukung kelestarian Pegunungan Sewu dengan menandatangani petisi ini.

Demikian surat terbuka ini kami tuliskan dan sampaikan pada Kepala Daerah Gunungkidul dan segenap aparat Pemerintah Daerah Gunungkidul. Atas perhatian dan integritas Ibu Bupati dalam menegakkan aturan dan keadilan bagi seluruh masyarakat, kami ucapkan terima kasih.

Narahubung:
Halik Sandera (085228380002)
Adi (082138234694)


Organisasi dan Individu:
1. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Yogyakarta
2. Komite Bersama Reformasi (KBR)
3. Jogja Darurat Agraria (JDA)
4. Rumah Belajar Rakyat (RBR)
5. Ikatan Mahasiswa Gunungkidul (IMG)
6. Forum LSM DIY
7. Ponpes Sunan Kalijaga
8. LPM Ekspresi
9. Komite Perjuangan Rakyat Yogyakarta (KPRY)
10. Mc-PRB Gunungkidul
11. Lakpesdam NU Gunungkidul
12. Asosiasi Ekologi dan Emansipasi Rakyat (AEER)
13. PIA-Yogyakarta
14. Rumpun Cut Nyak Diem (RTND)
15. Venussia (PKBI Yogyakarta)
16. Perempuan Mahardhika Yogyakarta
17. Mail Kribo
18. Galuh Drajad Swastilaksmi
19. Aan Kusriyadi
20. Erda Agony
21. Partai Rakyat Demokratik (PRD)
22. Ikatan mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ar fakhruddin
23. Rumah Baca Komunitas (RBK)
24. Victoria Sundari Handoko, S.Sos.,M.Si. (Dosen Sosiologi Atma Jaya Yogyakarta)
25. Front Nahdliyyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA) Jogja
26. Front Perjuangan Rakyat Sukamulya
27. Poros UAD
28. Mahasiswa Pekalongan Raya (Ormada Mahakarya)
29. Poros Gunungkidul
30. MAP Corner Klub MKP UGM
31. SATUNAMA
32. Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) DIY
33. Indonesian Court Monitoring (ICM) Yogyakarta
34. Perkumpulan IDEA
35. Needle n' Bitch Collective
36. Widodo, Petani Kulon Progo
37. Nurwiji, Petani Kulon Progo
38. Dwi Priyono, Lembaga Konsumen Yogyakarta
39. Dwi Haryanto (Paguyuban Sendang Bodro Sejati, Darmosito, Giriwoyo, Wonogiri)
40. AKSARA

 

Salam sejahtera,

Koalisi Masyarakat Peduli Pegunungan Sewu (KMPPS)

 

Sumber Berita:

http://gunungkidul.sorot.co/berita-93878-status-geopark-gunung-sewu-bisa-dicabut-karena-soal-ini.html

http://jogja.sorot.co/berita-48222--rusak-bukit-karst-pemkab-gunungkidul-didesak-segera-segel-proyek-resort-pantai-seruni.html

http://jogja.tribunnews.com/2017/07/31/walhi-yogyakarta-desak-pemkab-gunungkidul-tutup-dan-hentikan-pembangunan-hotel-di-kawasan-karst

http://regional.kompas.com/read/2017/07/31/16534531/walhi-diy-tolak-resor-di-pantai-seruni-karena-bisa-merusak-bukit-karst

https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-3581032/walhi-pembangunan-hotel-di-gunung-sewu-gunungkidul-ancam-geopark

http://properti.kompas.com/read/2017/07/31/193700821/pemkab-gunungkidul--resor-pantai-seruni-belum-punya-imb

https://m.tempo.co/read/news/2017/08/01/058896250/aktivis-lingkungan-memprotes-pembangunan-resor-di-gunung-kidul

http://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2017/07/31/kawasan-karst-gunung-sewu-dirusak-pembangunan-hotel-406424

http://persmaporos.com/dirikan-resort-di-gunung-sewu-pemkab-gunungkidul-langgar-kebijakan-sendiri/

http://m.viva.co.id/berita/nasional/941484-proyek-resort-di-gunungkidul-berisiko-ancam-geopark

https://m.tempo.co/read/news/2015/09/30/090705330/investor-minati-sektor-pariwisata-gunungkidul



Hari ini: Koalisi Masyarakat Peduli Pegunungan Sewu (KMPPS) mengandalkanmu

Koalisi Masyarakat Peduli Pegunungan Sewu (KMPPS) membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Selamatkan Pegunungan Sewu dari Pembangunan South Mountain Paradise". Bergabunglah dengan Koalisi Masyarakat Peduli Pegunungan Sewu (KMPPS) dan 615 pendukung lainnya hari ini.