Petitioning Gubernur DKI Jakarta Bapak Basuki Tjahja Purnama (Ahok) and 1 other
This petition will be delivered to:
Gubernur DKI Jakarta
Bapak Basuki Tjahja Purnama (Ahok)
Presiden RI
Bapak Joko Widodo

Selamatkan Menara Kemajoran, Komplek PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat, Indonesia

Di awal berdirinya Republik Indonesia bahkan di sejarah penerbangan dunia, beberapa penerbangan awal dilakukan di Indonesia. Airport Kemayoran, atau tepatnya Airport Kemajoran, Djakarta, menjadi salah satu airport Internasional pertama yang memegang peranan penting dalam perjalanan dunia dari Eropa dan USA ke Australia dan sebaliknya.

Dan di suatu airport, yang berperan sangat penting dalam mengatur pergerakan pesawat, kedatangan, kepergian dan pergerakannya di airport adalah Tower itu sendiri.

Tower bandar udara Kemayoran memegang peranan yang strategis dan penting dalam percaturan penerbangan dunia dan layak untuk dilestarikan dan bahkan bisa dijadikan sebagai cikal bakal pembentukan area Museum Penerbangan Nasional Indonesia dan dunia serta menjadikan kawasan sekitarnya sebagai ruang terbuka hijau layaknya bekas bandar udara di Jerman.

Untuk diketahui, Menara Kemayoran itu sendiri, sudah dijadikan Benda Cagar Budaya DKI Jakarta, berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta No. 475 Tahun 1993 yang ditanda tangani oleh Bapak Soerjadi Soedirja, Gubernur DKI masa itu. Dimana hal ini berarti sebagai Benda Cagar Budaya, dan berdasarkan UU, ia termasuk benda yang harus dilindungi dan dilestarikan keberadaannya.

Selain itu diharapkan area ini dijadikan cikal bakal Museum Kedirgantaraan Indonesia dan area sekitarnya dijadikan area terbuka hijau. Dimana Menara Kemajoran dijadikan icon di area tersebut layaknya bekas bandar udara Tempelhoff di Jerman.

Beberapa foto lainnya bisa dilihat di FLICKR di laman ini.


Letter to
Gubernur DKI Jakarta Bapak Basuki Tjahja Purnama (Ahok)
Presiden RI Bapak Joko Widodo
Kami dari Komunitas Tintin Indonesia, berharap Menara Kemajoran, Komplek PRJ, Kemayoran, Jakarta Pusat, benar-benar dilestarikan dan dijadikan cikal bakal Museum Kedirgantaraan Indonesia.

Area sekitarnya bisa dijadikan area terbuka publik, dengan icon, Menara Kemajoran itu sendiri.

Menara ini penting untuk dilestarikan, karena ia adalah bagian tidak terpisahkan dari bandar udara tertua di Indonesia, Kemajoran, yang saat ini jejak-jejaknya sudah tidak terlihat lagi dengan jelas.