Sediakan Listrik 24 Jam dan Pemerataan Jaringan di Pulau Tunda untuk Literasi Anak

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.


Sudah tahun 2020, tetapi masih ada tempat di sekitar Jakarta yang belum memiliki akses listrik!

Bernama Pulau Tunda, yang terletak di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Pulau ini sangat terkenal dengan tempat wisata alam bawah lautnya. Banyak wisatawan datang untuk menyelam di sana.

Meskipun menjadi destinasi wisata, listrik di pulau ini hanya tersedia 4 jam sehari, loh! Padahal, dekat dari Pulau Tunda, terdapat Pulau Tidung yang sudah memiliki akses listrik tanpa batas waktu per harinya.

Pulau Tunda saat ini dihuni oleh 452 kepala keluarga, 3000 orang penduduk. Ada sekolah juga di sini.

Tetapi karena tidak ada listrik, anak-anak menjadi sulit untuk belajar dan beraktivitas. Terlebih di masa pandemi saat ini, proses belajar di sekolah menjadi daring. Bagaimana bisa anak-anak Pulau Tunda belajar daring jika listrik pun terbatas?

Tidak heran jika tingkat kesadaran literasi anak-anak di Pulau Tunda mengalami kemunduran. Kondisi seperti ini sudah seharusnya menjadi perhatian Pemerintah Daerah.

Dengan melihat secara langsung kebutuhan di sana, kami meminta Bupati Serang untuk menyediakan listrik 24 jam dan pemerataan jaringan internet demi masa depan anak-anak di Pulau Tunda.

Kami, Duta Bahasa Provinsi Banten, sebagai pemuda penggerak sadar literasi di Provinsi Banten ingin mengambil bagian untuk perubahan di Pulau Tunda. Kami hadir untuk mendampingi anak-anak Pulau Tunda untuk mencintai buku, bermimpi, berliterasi dengan mengintegrasikan literasi digital dan literasi sains melalui alam sekitar.

Karena itu kami berusaha mengajak teman-teman untuk menandatangani dan menyebarkan petisi ini demi masa depan indah anak-anak Pulau Tunda, generasi penerus bangsa kita.

Kami berharap anak-anak di Pulau Tunda juga dapat merasakan kemajuan pembangunan dan mendapatkan akses pendidikan dan literasi yang layak.

Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing

Salam Literasi!

Duta Bahasa Provinsi Banten 2020