Petition Closed

Panduan Konsumen Cerdas untuk Kelestarian Bumi

Memperingati Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April dan sebagai bagian dari kampanye konsumen #BeliYangBaik, WWF-Indonesia meluncurkan “Panduan Konsumen Cerdas dan Bertanggung jawab” untuk mendorong perubahan gaya konsumsi masyarakat ke arah konsumsi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Panduan ini dapat digunakan siapa saja dan kapan saja untuk membantu kita semua menjadi konsumen yang lebih bertanggung jawab, agar pola konsumsi kita tidak berdampak buruk bagi lingkungan. Panduan ini juga menjadi sarana edukasi dan informasi dari WWF untuk meningkatkan kesadaran konsumen mengenai dampak konsumsi sehari-hari terhadap terjadinya kerusakan lingkungan.

Contohnya, di dalam panduan dapat ditemukan tips bagaimana menghemat kertas dengan menerapkan prinsip cetak bolak balik (dua sisi). Untuk mengurangi emisi karbondioksida di sektor transportasi, panduan konsumen WWF menyarankan pemilik mobil pribadi melakukan car pooling, yaitu mengajak rekan-rekan dengan rute sejalan untuk berangkat bersama. Berbagai tips konsumsi bertanggung jawab lainnya juga dapat ditemukan dalam panduan tersebut yang mencakup sejumlah komoditas konsumsi penting, yaitu tisu, kertas, seafood, minyak kelapa sawit, listrik, transportasi dan air.

Panduan Konsumen ini dibuat dalam bentuk saku sehingga mudah dibawa dan digunakan setiap saat dan dimana saja. Panduan disajikan dalam bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami konsumen dari berbagai kalangan. Panduan ini akan disebarluaskan di sejumlah toko ritel di kota- kota besar di Indonesia serta dapat diunduh secara online di : http://awsassets.wwf.or.id/downloads/_beliyangbaik_e_book_.pdf 


Earth Hour Indonesia started this pledge with a single signature, and now has 10,255 supporters. Start a petition today to change something you care about.




This petition can’t win without you

Add your name to help “Saya #BeliYangBaik utk selamatkan Bumi! Ini Aksiku,Mana Aksimu?” win today. Every signature matters.