Save hutan Gunung Peyuyan, Lumut & Penyenteau dari kerusakan oleh oknum perusahaan

Save hutan Gunung Peyuyan, Lumut & Penyenteau dari kerusakan oleh oknum perusahaan

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Gunung Peyuyan, Gunung Lumut dan Gunung Penyenteau merupakan kawasan hutan sangat sakral bagi masyarakat adat dayak rumpun Luangan sebagai tempat bersemayam roh (liaw) para leluhur dan sebagai tempat pengantaran arwah bagi penganut Kaharingan (agama lokal) yang dipraktekkan sejak manusia pertama dayak rumpun Luangan secara turun temurun hingga saat ini. Pesan leluhur ini diwariskan melalui tradisi lisan dari nenek moyang dalam setiap mantra Belian Bawo rumpun Luangan, berikut ini: "Tondoi Seruo Dayo; Senturuk Rungan Tatau; Lumut Turu Tuntung; Peyuyan Turu Tingkat; Dinding Ampik Sembul Buyung; Bawo Buyung Andang Ekang".

NAMUN, saat ini kondisi hutan tersebut telah digarap oleh oknum perusahaan secara semena-mena dengan melakukan penebangan pohon dengan peralatan mesin berat sejak 1977 tanpa menghiraukan kearifan lokal yang selama ini selalu dijaga oleh masyarakat adat dayak rumpun Luangan.

Sudah 3 generasi hingga saat ini berbagai upaya dilakukan selalu mengalami kebuntuan. Maka oleh sebab itu kami masyarakat adat dayak rumpun Luangan yang tersebar di Kalimantan Tengah, Timur dan Selatan diantaranya Dayak Paser (Kaltim), Dayak Benuaq (Kaltim), Dayak Bentian (Kaltim), Dayak Taboyan/Tewoyan (Kalteng), Dayak Lawangan (Kalteng), Dayak Maanyan (Kalteng), Dayak Deah (Kalsel) dan beberapa dayak lainnya memohon dukungan para pihak untuk mendukung upaya rehabilitasi dan pelestarian hutan adat Gunung Peyuyan, Gunung Lumut (Lumut Olo Mate & Lumut Olo Bolum) dan Gunung Penyenteau yang sakral bagi kami dari kegiatan perusakan oleh oknum perusahaan yang tidak bertanggung jawab. CABUT Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dalam Hutan Alam (IUPHHK-HA) PT. Indexim Utama yang menjadi konflik berkepanjangan dengan masyarakat adat Dayak rumpun Luangan sejak 1977.

#Save Peyuyan; #Save Lumut Olo Bolum; #Save Lumut Olo Mate; #Save Penyenteau