Keluarkan Inpres untuk lanjutkan Program Kirim Buku Gratis.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 7.500.


Bisa lihat senyum adik-adik saya di Manokwari waktu pegang buku, lebih berarti dari uang. Namun sayang, tahun depan mungkin senyum itu bisa hilang. Program Pengiriman Buku Gratis (Free Cargo Literacy) akan berhenti.

Saya seorang atlet angkat besi dan juga bekerja sebagai sekuriti. Tapi di waktu luang saya aktif di Noken Pustaka, naik turun bukit, kelilingi lembah untuk bagikan buku-buku untuk sebarkan virus membaca ke anak-anak Papua.

Walau banyak dari adik-adik di Manokwari tak bisa baca, tapi lihat gambar dalam buku saja bisa buat mereka gembira. Sering saya bacakan buku dan mereka selalu terhibur mendengarkan. Saya semakin bersemangat bawa buku untuk mereka. Program kirim buku gratis ini sangat berarti buat anak-anak Manokwari untuk meningkatkan minat baca dan meluaskan pengetahuan mereka.

Sejak Mei 2017, Presiden Jokowi secara lisan menginstruksikan PT Pos Indonesia untuk buat program kirim buku gratis ke seluruh Indonesia, sehari dalam sebulan. Paket buku dari para relawan dan dermawan sudah mencapai 45.252 koli, yang berat totalnya hampir 289 ton!

Tapi sudah setahun lebih berjalan, Presiden belum juga keluarkan Inpres untuk program Free Cargo Literacy ini. Jika Presiden mengeluarkan inpres, maka pendanaan untuk program ini bisa dialokasikan dari Kementerian terkait. Sekarang karena tidak ada Inpres, pendanaannya masih ditanggung oleh dana CSR PT POS Indonesia yang semakin menipis.

Pendanaan Program Free Cargo Literacy ini tidak besar. Hanya Rp 10M setahun. Kami sudah bertemu dengan Kantor Staf Presiden dan beberapa Kementerian untuk membahas soal ini. Kementerian BUMN sudah menyatakan siap mendanai program ini jika sudah ada Inpres dari Presiden.

Kawan, saya butuh dukunganmu agar Presiden Jokowi mengeluarkan Inpres untuk melanjutkan Program Pengiriman Buku Gratis ke seluruh Indonesia.

Semakin banyak buku-buku dikirim ke tanah kami, semakin banyak anak Papua ilmu pengetahuan baru yang sulit mereka temukan. Karena bangsa yang besar pasti menghargai ilmu pengetahuan.

Salam,

Agus Mandowen



Hari ini: Agus mengandalkanmu

Agus Mandowen membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Presiden @Jokowi, keluarkan Inpres untuk lanjutkan Program Kirim Buku Gratis.". Bergabunglah dengan Agus dan 5.099 pendukung lainnya hari ini.