Mempetisi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan 5 penerima lainnya

Cabut Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 ttg Pendirian Rumah Ibadah

Pendirian Rumah Ibadah di atur oleh Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006, dimana dalam peraturan tersebut mensyaratkan harus ada KTP dari 90 orang pengguna Rumah Ibadah dan 60 orang persetujuan masyarakat setempat.

Klausul peraturan yang menyebutkan "dukungan masyarakat setempat paling sedikit 60 orang" untuk mendirikan rumah ibadah diskriminatif bagi penganut agama minoritas di suatu wilayah.

Adalah tidak mudah mengumpulkan tanda tangan 60 orang untuk mendapatkan izin pendirian rumah ibadah, apalagi jika yang diminta tanda tangan adalah warga yang agamanya berbeda dengan pihak yang akan mendirikan rumah ibadah.

Dan lagi sekarang, banyak sekali kekerasan, penutupan, dan pembakaran rumah ibadah oleh kelompok anarkis karena alasan tidak memenuhi persetujuan 60 orang tersebut.

Contoh terakhir adalah penyerangan dan pembakaran gereja di Aceh Singkil yang dilakukan ratusan orang. Insiden itu bahkan mengambil korban 1 tewas dan 4 orang luka. Selain Singkil, masih banyak lagi rumah ibadah lain yang akan ditutup dengan alasan yang sama. Bayangkan berapa banyak korban jiwa lagi yang berjatuhan karena masalah ini.

Kekerasan semacam ini, akan membuat terjadi balas membalas, dan mengikis rasa kebangsaan kita. Bayangkan negeri ini akan terkotak-kotak dan menghilangkan rasa toleransi kita sebagai sesama anak bangsa. 

Indonesia tidak boleh dikelompok-kelompokan berdasarkan mayoritas dan minoritas, dimana hal tersebut malah akan membuat tercerai berai nya bangsa kita, dan menjadi rapuh.

Negara harus menjamin bahwa setiap warga negara bisa beribadah dimanapun mereka berada di seluruh indonesia. 

Mari jadi bagian yang mendukung Indonesia yang tidak terkotak-kotak.

 

Petisi ini akan dikirim ke:
  • Presiden Republik Indonesia
    Joko Widodo
  • Presiden Republik Indonesia : Joko Widodo
  • Menteri Dalam Negeri
    Tjahjo Kumolo
  • Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan
    Luhut Panjaitan
  • Jaksa Agung
  • Menteri Agama Republik Indonesia
    Lukman Hakim Saifuddin

yanto huang telah mulai petisi ini dengan satu tanda tangan dan sekarang memiliki 55.940 pendukung. Mulai petisi hari ini untuk mengubah sesuatu yang kamu pedulikan.




Hari ini: yanto mengandalkanmu

yanto huang membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Presiden @jokowi, Cabut Peraturan Bersama Menag dan Mendagri No 9 dan No 8 Tahun 2006 ttg Pendirian Rumah Ibadah". Bergabunglah dengan yanto dan 55.939 pendukung lainnya hari ini.