Dukung Pilkada Aman COVID-19 dan Demokratis di 270 daerah di Indonesia, 9 Desember 2020

0 telah menandatangani. Mari kita ke 7.500.


Pilkada 2020 akan dilaksanakan pada hari Rabu 9 Desember 2020. Penetapan ini merupakan kesepakatan politik antara Komisi II DPR-RI bersama Menteri Dalam Negeri RI dan KPU RI pada Raker Komisi II DPR, Kemendagri, Bawaslu dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu), Rabu 27 Mei 2020 yang lalu. Jadwal Pilkada tersebut sesuai dengan arahan Perppu No 2 tahun 2020.

Kami dari Koalisi Masyarakat Madani Indonesia (KMMI) membuat petisi ini untuk menggalang dukungan anda di dalam mensukseskan Pilkada Serentak di 270 daerah di Indonesia di tanggal 9 Desember 2020 yang akan datang.

Kami berpandangan bahwa sama halnya di negara-negara lain di dunia, demokratisasi di Indonesia semestinya harus tetap diperjuangkan dalam kondisi Covid-19 yang menantang dengan tetap mengutamakan keselamatan kesehatan lewat penerapan protocol COVID-19 yang ketat.

Seperti negara-negara lain di dunia, Indonesia juga memasuki era New Normal Life atau Tatanan Kehidupan Baru dimana kegiatan kita sebagai Bangsa dan Negara berjalan secara produktif tetapi tetap aman Covid-19.

Mari kita dukung upaya Pemerintah, KPU RI, Bawaslu, DKPP, TNI dan POLRI serta stakeholder penyelenggara Pemilu di KPU Daerah di 270 daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2020 agar berlangsung aman Covid19 dan demokratis.

Sebagaimana juga pengalaman negara2 lain yang sukses melakukan Pemilu di tengah Covid-19, kita, bangsa Indonesia, optimis bahwa KPU dan semua stakeholders penyelenggara Pilkada termasuk masyarakat akan mampu menyelenggarakan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 di atas protokol kesehatan yang dilaksanakan lewat kordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid 19 dan Kementerian Kesehatan.

Sukseskan Pilkada Aman COVID-19 dan Demokratis.

KPU akan segera melanjutkan tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada di pertengahan bulan Juni 2020 dengan mengadopsi protokol COVID-19 bidang keamanan kesehatan yang prima. Bersama Pemerintah, KPU telah mempersiapkan protokol kesehatan tersebut secara rinci dan berkualitas agar pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada Serentak 2020 yang tersisa dapat berlangsung diatas pengarusutamaan keselamatan kesehatan semua pihak yang terlibat seperti petugas, peserta dan pemilih.

Sebagaimana kita akan memasuki new normal life, era tatanan kehidupan baru yang produktif dan aman COVID-19, Pilkada serentak 2020 juga menjadi ajang tantangan bagi kita semua untuk mampu melaksanakan Pilkada aman Covid-19 dan demokratis.

Penerapan protokol kesehatan Covid 19 di dalam penyelenggaran Pilkada merupakan pengalaman baru yang akan membawa perubahan-perubahan positif bagi kehidupan demokrasi di tanah air.
Bukan saja hanya penyelenggara yang akan dituntut untuk penerapan penuh disiplin atas protokol kesehatan Pilkada, namun juga para kontestan yang akan bertarung di dalam kontestasi Pilkada akan ditantang untuk memiliki gagasan, inovasi dan kepemimpinan yang mampu mengendalikan penularan virus corona dan mengatasi dampak sosial dan ekonomi Covid 19 terhadap pemilih dan masyarakatnya.

Atas pertimbangan tersebut, kami dari Koalisi Masyarakat Madani Indonesia untuk Pilkada Aman COVID-19 dan Demokratis mengajak Sahabat semua untuk mendukung dan menandatangani petisi dukungan agar Pilkada 9 Desember 2020 berlangsung sukses, demokratis dan aman Covid 19.

Terima kasih,
Koalisi Masyarakat Madani Indonesia untuk Pilkada Serentak Aman COVID-19 dan Demokratis

Koalisi Masyarakat Madani Indonesia

Pilkada Aman Covid-19 dan Demokratis


Tandatangani Petisi dukungan