Petition update

Pak Bongku dibebaskan lewat program asimilasi untuk cegah corona

Dede Kurnia eka satria
Indonesia

Jun 15, 2020 — 

Halo teman-teman,

Saya mau mengucapkan terima kasih untuk 44 ribu orang yang sudah mendukung pembebasan Pak Bongku sampai saat ini. Senang rasanya melihat ada banyak sekali orang yang peduli dengan keadilan untuk masyarakat adat, petani kecil seperti Pak Bongku.

Tanggal 10 Juni 2020, Pak Bongku dinyatakan bebas dari penjara karena program asimilasi untuk cegah penyebaran Corona sesuai dengan Permenkumham Nomor 10 tahun 2020 dan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor M.HH-19.PK.0104.04 tahun 2020. 

Sebelumnya, Pak Bongku divonis 1 tahun penjara dan denda 200 juta karena tebang pohon ekaliptus untuk tanam ubi di tanah ulayat yang ada di area PT Arara Abadi. Ia didakwa melanggar UU Pencegahan dan Pemberantasan Perusahaan Hutan (UU P3H). Tak terima dengan tuduhan tersebut, Pak Bongku sempat mengajukan banding karena tidak terima putusan hakim. 

Tapi tanggal 5 Juni 2020 lalu, Pak Bongku akhirnya memutuskan untuk tidak lanjutkan banding karena rindu pada istri, anak dan keluarga lainnya. 

Sekarang, meski sudah bebas, Pak Bongku harus menjalani tahanan luar hingga November 2020, dan tetap harus membayarkan denda sejumlah 200 juta. Menurut  Riko Kurniawan, Direktur Walhi Riau, pun, Pak Bongku belum bebas mengelola kebun di tanah adatnya.

Jadi, Pak Bongku bebas benar-benar hanya karena program asimilasi, bukan karena pembatalan vonis ataupun kebijaksanaan hakim. 

Sekali lagi terima kasih ya, teman-teman yang sudah bersuara mendukung Pak Bongku. 

Pak Bongku adalah salah satu dari banyak masyarakat adat yang terus berjuang untuk dapatkan haknya mengelola tanah adatnya. Selain Suku Sakai, masih banyak masyarakat adat lainnya yang berjuang dengan kondisi krisis pangan dan air bersih.

Terus suarakan dukunganuntuk mereka, atau mungkin kamu bisa mulai gerakanmu sekarang!

 

https://www.riauonline.co.id/riau/read/2020/06/12/bongku-bebas-jikalahari-dan-walhi-riau-sebut-masih-ada-sisa-konflik

https://www.mongabay.co.id/2020/06/13/bongku-bebas-dari-penjara-akankah-bebas-pula-kelola-lahan-adat/


Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.