Pemilu Susulan untuk Pilpres dan Pileg Indonesia 2019 di Taiwan

Petition Closed

Pemilu Susulan untuk Pilpres dan Pileg Indonesia 2019 di Taiwan

This petition had 703 supporters

Tony Thamsir started this petition to Taiwan

Komunitas masyarakat Indonesia di Taiwan berjumlah lebih dari 270 ribu an orang, semua warga berhak ikut serta di dalam pesta demokrasi rakyat Indonesia.

Namun saat hari pencoblosan ternyata banyak permasalahan yang terjadi di lapangan, misalnya: Data yang dipakai untuk pengiriman surat suara masih mengacu data yang lama (Tahun 2014), sementara banyak warga Indonesia yang telah pulang ke Indonesia atau sudah pindah majikan, sehingga banyak orang yang tidak mendapatkan surat suara; Surat suara yang diterima tidak sesuai dengan nama dan data si pemilih; Para pemilih yang telah mendaftar online tetapi saat tiba di TPS, tidak bisa mencoblos karena mereka baru bisa mencoblos setelah pukul 17:00; Surat suara yang dikirimkan, saat diterima ada hanya mendapatkan surat pemilu legislatif tanpa surat pemilu presiden, ada yang tidak ditemukan amplop pengiriman kembali khusus pemilu; Antrian pemilih yang telah mendaftarkan diri dan mendapatkan nomor di TPS membludak, namun pada akhirnya dipaksa golput karena waktu pencoblosan telah ditutup; Kotak suara keliling yang awalnya difungsikan untuk para pemilih yang bekerja sebagai ABK, tidak berjalan sebagaimana mestinya, karena tidak disosialisasikan cara dan bagaimana pemilih bisa memberikan suara dan masih banyak lainnya.

Untuk pencoblosan di TPS, proses kerja yang pelan dan berbelit, para petugas yang tidak dibekali dengan kemampuan menggunakan komputer, menyebabkan proses mengetik data saja sangat pelan dan menyebabkan para pemilih hanya bisa menanti di bawah terik sinar matahari sedari pagi hingga sore. Antrian pun tidak bisa berakhir sampai jam 6 sore waktu setempat. Sehingga ratusan orang yang sudah mengantri sedari pagi (minimal rata-rata lebih dari 2-4 jam) tidak dapat melakukan hak dan kewajibannya untuk memilih karena PPLN  menutup TPS tepat jam 6 sore dan masyarakat yang belum memilih walau sudah mengantri terpaksa GOLPUT.

Besar harapan kami masyarakat Indonesia di Taiwan, meminta dengan amat sangat, para istansi terkait terkait, seperti KPU, Bawaslu dan Presiden Joko Widodo bisa mendengar, menyelidiki dan menyetujui tuntutan kami. Sekian dan Terimakasih. 

Petition Closed

This petition had 703 supporters