Ayo ubah definisi kata "sampah"

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.

Dengan 200 tanda tangan, petisi ini akan lebih mungkin ditampilkan di halaman rekomendasi!

Salam Indonesia Lestari...

Sampah kini menjadi masalah global, tak terkecuali di Indonesia. Kami meyakini kondisi itu tak lepas dari definisi tentang sampah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan lainnya (Wikipedia.com dan literatur-literatur lain), sampah secara umum diasosiasikan negatif. Yaitu, benda atau barang yang dibuang. Definisiasi lain yang umum, sampah adalah sisa kegiatan manusia yang tidak dibutuhkan dan tidak diinginkan.

Dalam pandangan kami, definisi pada suatu kata sekaligus menjadi status yang melekat pada sesuatu yang didefinisikan. Kata "dibuang", "sisa", "tidak dibutuhkan" dan "tidak diinginkan" dalam definisi sampah pada akhirnya menjadi status yang melekat pada kata sampah. Sehingga menyebabkan sampah menjadi masalah lingkungan dan sosial.

Karena itu Yayasan Kelola Sampah Indonesia (YAKSINDO) membuat petisi untuk mengubah definisi sampah dalam KBBI maupun literatur lainnya demi menyelesaikan persoalan sampah dan menyelamatkan lingkungan Indonesia.

Berdasar pengamatan kami, "sampah" apapun  dapat didaur ulang baik secara teknis untuk jadi produk kembali atau didaur ulang secara biologis menjadi pupuk atau bahan organik lainnya dan dapat pula didaur ulang untuk energi.

Maka ayo bersama mendorong definisi sampah menjadi "Sampah adalah material daur ulang teknis, biologis maupun menjadi energi".

Kami mengumpulkan dukungan melalui petisi ini untuk selanjutnya menjadi dasar guna berkirim surat pada pihak terkait agar dapat mengubah definisi mengenai kata "sampah".

Terima kasih.