BLT Untuk Pekerja Seni, Panggung dan Event

0 telah menandatangani. Mari kita ke 25.000.


Kru dekorasi, kru panggung, rigging, kru tenda, kru katering, lighting engineer, lighting designer, kru lighting, LED engineer, sound engineer, kru sound, kru AC, operator genset, penyanyi, pemain band, perias, event organizer, wedding organizer tim kreatif, fotografer, videografer.

Orang-orang dengan profesi tersebut banyak kehilangan pekerjaan selama pandemi covid19.

Saya Joko Nugroho, pekerja jasa dekorasi. Saya buat petisi ini mewakili rekan-rekan kerja saya di bidang seni dan panggung yang kehilangan pekerjaan dan pemasukan selama pandemi COVID-19.

Sejak pandemi COVID-19, pekerjaan kami terpaksa berhenti. Adanya aturan physical distancing dan PSBB otomatis membuat setiap aktivitas panggung dan event dilarang. Sementara ada banyak kru yang terlibat dalam satu event, baik event seni, nikahan, syukuran, dll.

Pemerintah sudah mencanangkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk kelompok miskin terdampak COVID-19. Tapi apakah profesi kami sudah masuk dalam penerima bantuan langsung? Setahu saya tidak.

Dulu sebelum pandemi, penghasilan kami mungkin cukup membiayai keluarga sehari-hari. Tapi dengan situasi sekarang, sudah 2 bulan lebih kami tidak ada penghasilan karena tidak ada lagi event dan panggung seni.

Kalau bisa dibandingkan dengan profesi lain:
Ojek online: masih bisa bekerja walaupun orderan berkurang.
Buruh tani: masih kesawah.
Sopir: masih ada tarikan walaupun orderan berkurang.
Karyawan pabrik: sebagian masih ada yang masuk kerja.
Pekerja seni, panggung dan event: tidak bisa bekerja lagi karena karena semua event dilarang.

Inilah yang membuat saya memulai petisi ini. Saya meminta Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama menaruh perhatian kepada profesi pekerja seni, panggung dan event dengan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai selama pandemi covid-19.

Sebagai seseorang yang pernah berkecimpung di dunia balik panggung dan pertelevisian lebih dari 20 tahun, saya yakin Bapak Wishnutama akan sangat memahami suka duka pekerja panggung, event dan seni. Saya yakin kalau kita bersuara bersama-sama, Bapak Wishnutama pasti mau mendengar dan memperjuangkan nasib kita.

Dukung dan sebarkan petisi ini untuk membantu kehidupan banyak pekerja panggung dan event.

Bogor, 15 April 2020
Kru/Pekerja jasa dekorasi