Kemenangan

Desak Bupati Menolak Pembabatan 4000 Mangrove Banyuwangi

Petisi ini membuat perubahan dengan 3.035 pendukung!


KARENA SAMPAH BERSERAKAN, 4000 POHON MANGROVE DI BANYUWANGI AKAN DI MUSNAHKAN

Berapa tahun sudah, para pegiat lingkungan di Banyuwangi ini menanam, menjaga dan menjadikan 4000 pohon mangrove yang ada di sepanjang pintu masuk pantai boom Banyuwangi tumbuh. Dengan satu harapan, mangrove dapat membantu agar air tidak meluap serta melemparkan sampah-sampahnya ke pemukiman.

Tapi, membaca surat edaran ini. Kemana pola fikir 'pintar' pejabat ini sampai harus menebang pohon mangrove.?

Pada tahun 2015 lalu, pemerintah Banyuwangi juga berencana memotong mangrove dengan alasan yang sama. Yaitu, bahwa mangrove menyebabkan sampah.

Sampah yang datang, haruskan pohon mangrove yang ditebang.?

Tentu saja berbeda dengan kondisi sekarang, tapi bukan berarti menebang 4000 pohon mangrove akan menyelesaikan masalah sampah. Karena sampah, yang memproduksi adalah manusia.

Dalam UU 27/2007 pada Pasal 35 huruf f dan g disebutkan: “Dalam pemanfaatan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau kecil, setiap orang secara langsung atau tidak langsung dilarang: (f). melakukan konversi Ekosistem mangrove di Kawasan atau Zona budidaya yang tidak memperhitungkan keberlanjutan fungsi ekologis Pesisir dan Pulau-pulau kecil; (g). menebang mangrove di kawasan konservasi untuk kegiatan industri, pemukiman, dan/atau kegiatan lain“.

Jika larang tersebut dilanggar, maka sanksi berat menanti bagi para pelaku. Yakni, pada UU 27/2007 Bab 17 Ketentuan Pidana Pasal 73 ayat (1) huruf b: Dipidana dengan pidana penjara paling singkat 2 (dua) tahun dan paling lama 10 (sepuluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah) dan paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah) setiap orang yang dengan sengaja:
(b). menggunakan cara dan metode yang merusak Ekosistem mangrove, melakukan konversi Ekosistem mangrove, menebang mangrove untuk kegiatan industri dan permukiman, dan/atau kegiatan lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 huruf e, huruf f, dan huruf g.

Kita hanya bisa share sebanyak-banyaknya sebagai upaya agar mangrove tidak jadi korban kepentingan segelintir orang.

Begini isi surat yang diatas :

Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Pembahasan Penebangan Pohon
Mangrove di Muara Sungai Kampung Ujung Kepatihan Banyuwangi yang bertempat di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi pada hari Selasa 19 Nopember 2019 yang meliputi :

1. Rapat Koordinasi pembahasan penebangan pohon mangrove di muara sungai kalilo dilaksanakan atas dasar memperhatikan surat dari Ketua RW. 02 Lingkungan Ujung Kelurahan Kepatihan Banyuwangi Tanggal 4 Nopember 2019 Nomor : 03/RW-02/2019 perihal Permohonan Penebangan Mangrove
(sebagaimana surat terlampir);

2. Tanaman Mangrove sejumlah ± 4.000 pohon dengan luas 16.000 m2berada di
badan sungai kalilo yang berada di dalam kawasan PT. Pelindo Properti Indonesia
Banyuwangi secara administrasi pemerintahan termasuk dalam wilayah Kelurahan
Kampung Mandar Banyuwangi ;

3. Bahwa dengan adanya tanaman mangrove sebagaimana dimaksud pada point 2
(dua) sehingga menyebabkan :

a. Terjadinya tumpukan sampah yang tersangkut di akar pohon mangrove ;

b. Terjadinya sedimentasi yang membuat aliran sungai kalilo tidak bisa mengalir dan banyak nyamuk ;

c. Kehidupan ikan dan sejenisnya sudah mulai punah.

4. Terhadap permasalahan tersebut diatas sebagaimana pada point 3 (tiga) maka kami
sepakat untuk melakukan penebangan pohon mangrove sejumlah ± 4.000 pohon dengan luas 16.000 m2 mulai dari Jembatan Gantung sampai alur sungai di Kampung Mandar.

5. PT. Pelindo III dan PT. Pelindo Properti Indonesia Banyuwangi sudah melakukan
penanaman pohon mangrove pengganti di lokasi Pantai Boom sejumlah ± 5.000 pohon dengan luas 20.000 m2

Sehubungan dengan hasil pembahasan dimaksud, maka kami mohon agar dapatnya saudara memberikan rekomendasi pemotongan pohon mangrove karena
akan diadakan penataan kawasan oleh PT. Pelindo Properti Indonesia Banyuwangi.

 



Hari ini: Widie mengandalkanmu

Widie Nurmahmudy membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Menolak Pembabatan 4000 Mangrove Banyuwangi". Bergabunglah dengan Widie dan 3.034 pendukung lainnya hari ini.