Install Aplikasi PeduliLindungi dan Bantu Pemerintah dalam Proses Tracing Kasus COVID-19

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


PeduliLindungi adalah sebuah aplikasi berbasis smartphone yang dikeluarkan secara resmi oleh Kemkominfo dengan tujuan membantu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam melakukan proses tracing kasus COVID-19.

Kampanye yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai upaya mendorong perilaku dalam memutus rantai penularan COVID-19 adalah melalui kampanye 3 M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dan 3 T (Tracing, Testing, Treatment).

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang ditujukan secara khusus untuk mempermudah proses tracing melalui konsep digital dan geolokasi, sehingga mengurangi proses tracing manual yang sangat dipengaruhi oleh ketersediaan dan kesiapan petugas.

Aplikasi PeduliLindungi membutuhkan peran serta aktif dari masyarakat dalam bentuk yang relatif sederhana, yaitu melalui instalasi aplikasi tersebut di smartphone masing-masing individu. Aplikasi ini akan secara aktif mengumpulkan data lokasi untuk selanjutnya digunakan dalam proses tracing ketika individu tersebut berpotensi tertular COVID-19.

Sayangnya, partisipasi masyarakat dalam meng-install aplikasi PeduliLindungi masih relatif rendah, apalagi sejak munculnya berita hoax bahwa aplikasi ini mencuri data pribadi penggunanya (phising, malware). Berita ini sudah diklarifikasi langsung oleh Kemkominfo melalui siaran pers No. 05/HM/KOMINFO/01/2021 pada tanggal 5 Januari 2021 yang lalu yang menyatakan bahwa aplikasi ini aman digunakan.

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi memang memiliki kekurangan, yaitu relatif menghabiskan baterai smartphone karena ada proses kirim dan terima data. Namun hal ini merupakan suatu bentuk pengorbanan yang relatif kecil dibandingkan dengan dampak positif yang bisa diberikan.

Kami adalah mahasiswa S2 kajian administrasi rumah sakit (KARS) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia yang peduli dengan pemutusan rantai penularan COVID-19. Bentuk upaya sederhana yang bisa kami lakukan adalah melalui kampanye untuk mendorong kembali instalasi aplikasi PeduliLindungi guna membantu pemerintah dalam melakukan proses tracing.

Tunjukkan bahwa Anda peduli dengan cara menandatangani petisi ini sebagai bentuk komitmen Anda untuk melindungi sesama melalui partisipasi dalam instalasi aplikasi ini.

Bersama kita peduli, bersama kita lindungi.