PSI DESAK GUBERNUR ANIES TRANSPARAN SOAL ANGGARAN

0 telah menandatangani. Mari kita ke 15.000.


PSI DESAK GUBERNUR ANIES TRANSPARAN SOAL ANGGARAN

Sebagai anggota DPRD DKI dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), saya meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera membuka dokumen rencana anggaran 2020 untuk publik, sampai level rincian komponen.

PSI secara resmi telah bersurat kepada Pemprov DKI pada 9 Agustus 2019 berisi permintaan agar dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020 dibuka ke publik.

Hingga kini permintaan tersebut belum dikabulkan. Padahal, akhir November, RAPBD harus disahkan.

Bagaimana mungkin mengharapkan anggaran berkualitas jika pembahasan dilakukan dalam waktu yang sangat terbatas. Ini jelas bertentangan dengan asas pemerintahan yang baik.

Mewakili warga Jakarta, saya mempertanyakan komitmen dan niat Gubernur Anies dalam transparansi pengelolaan anggaran Jakarta.

Saya menuntut Gubernur Anies Baswedan menjelaskan secara langsung detail rencana belanja Jakarta secara transparan ke publik.

Warga Jakarta berhak tahu Pemprov DKI menggunakan uang rakyat dalam APBD 2020. Ini bukan uang Gubernur atau DPRD. Rp 89 triliun ini adalah uang rakyat! Semua tahapan harus transparan, publik jangan diminta terima jadi di hasil akhir.

Dukung petisi ini agar tidak ada sepeserpun uang rakyat terbuang cuma-cuma.

 

William Aditya Sarana

Anggota DPRD DKI dari Fraksi PSI