Masukkan Isu Maritim Pada Tema Debat Capres 2019

0 telah menandatangani. Mari kita ke 2.500.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema dan jadwal debat Pilpres 2019. Tema debat ini sendiri terbagi menjadi lima sesi, yaitu:

Debat ke 1 : Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme, pada 17 januari 2019.
Debat ke 2 : Energi dan Pangan, SDA dan lingkungan hidup, infrastruktur, pada 17 februari 2019
Debat ke 3 : Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan, pada 17 maret 2019
Debat ke 4 : Ideologi, Pemerintahan, Hankam, Hubungan Internasional, pada 30 maret 2019
Debat ke 5 : Ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan dan industri, jadwal belum ditetapkan oleh KPU.

Berdasarkan tema dan jadwal diatas, isu Maritim tidak dimasukan kedalam tema debat capres 2019. Hal ini menjadi keprihatinan bagi kami, mengingat saat ini Bangsa Indonesia sedikit demi sedikit tergugah akan kesadaran jatidiri bangsanya sebagai bangsa maritim.

Selain itu, bukankah petahana dahulu mengusung visi utamanya yakni Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Semestinya ajang debat capres ini menjadi momen petahana atau nomer urut 01 untuk unjuk gigi pencapaiannya dalam bidang kemaritiman, pun demikian dengan calon pasangan nomor urut 02 momen ini bisa dijadikan sebagai tawaran program baru yang lebih baik dalam bidang kemaritiman.

Mengapa isu maritim itu penting? Karna Indonesia perlu memiliki pijakan pembangunan yang sesuai dengan karakteristik bangsa dan negaranya. Dan catatan sejarah membuktinya bahwa ketika pemimpin negri ini berorientasi kepada kemaritiman, maka jadilah Sriwijaya dan Majapahit yang berjaya.

"Sejarah telah membuktikan kepada kita bahwa Kebesaran, Kejayaan, Kesentausaan dan Kemakmuran negara kita hanya dapat dicapai apabila kita menguasai lautan". (Ir. Soekarno, 6 oktober 1966 diatas geladak RI Tjandrasa).

Masih ada waktu KPU untuk memasukan konten tema kemaritiman dalam agenda debat capres, agar debat capres ini sesuai dengan kepribadian bangsa yang memiliki sejarah panjang kejayaan maritim.

Baca juga : https://geotimes.co.id/opini/tanpa-bahas-maritim-kemana-arah-debat-capres-2019/



Hari ini: KNTI mengandalkanmu

KNTI Kota Semarang membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Mari dukung dimasukkannya Isu Maritim pada tema debat capres 2019, dengan menandatangani petisi ini >>> https://www.change.org/p/komisi-pemilihan-umum-kpu-dimasukannya-tema-atau-isu-maritim-pada-debat-capres-2019". Bergabunglah dengan KNTI dan 1.733 pendukung lainnya hari ini.