Pemerintah Harus Memperhatikan Nasib Operator Sekolah/Madrasah

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Operator sekolah/madrasah merupakan pemilik peran penting setiap lembaga pendidikan untuk menata sistem administrasi, data dan bahkan ikut mewujudkan visi misi lembaga pendididan. Dalam banyak kasus, operator sekolah/madrasah masih dipandang sebelah mata, hanya sebagai pembantu atau pelengkap saja. Padahal peran operatora madrasah yang vital untuk validasi kegiatan belajar mengajar, pendataan BOS, BSM, Dapodik, EMIS, NISN, Verval, UNBK, UAMBN-BK dan seabreg permintaan data online maupun offline serta kegiatan penunjang lain untuk tetap menjalankan roda pendidikan di sekolah/madrasah. Pada kenyataan selanjutnya adalah gaji/honor operator yang bisa dikatakan bekerja "penuh waktu" maish juga dianggap sepele oleh sekolah/madrasah, pun juga pemerintah, dalam hal ini kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rata-rata di sekolah/madrasah swasta operator hanya digaji kisaran 100.000 - 500.000 jauh sekali dari upah buruh, tukang becak maupun profesi lain.

Dilansir dari situs https://kalsel.kemenag.go.id/berita/468373/ka-kankemenag-operator-emis-penentu-nasib-siswa-madrasah

Operator madrasah bisa dikatakan ikut menjadi penentu nasib siswa mendapatkan BOS, BSM, UN dan sebagainya, pekerjaan mereka pun sewaktu-waktu harus siap berangkat, namun nasib mereka masih saja dipandang bukan berperan penting dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Merujuk keterangan di atas, maka dengan hormat memohon kepada pemangku kebijakan, dalam hal ini adalah Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama untuk:

1. Memberikan instruksi kepada sekolah/madrasah untuk mengalokasikan kesejahteraan yang layak kepada operator sekolah/madrasah kisaran 600.000 - 1.500.000 per bulan

2. Mengalokasikan dana dari pusat untuk operator sekolah/madrasah dalam bentuk tunjangan atau insentif -layaknya pendidik dengan sertifikasi atau inpasingnya- meskipun dengan nominal di bawah pendidik

3. Memberikan sanksi tegas kepada sekolah/madrasah yang tidak mematuhi instruksi tentang kesejahteraan operator sekolah/madrasah

Demikian harapan dari para operator sekolah/madrasah, semoga harapan ini segera menjadi kenyataan dan segera ditindaklanjuti, terima kasih.



Hari ini: Wahyu mengandalkanmu

Wahyu Irvana membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Lukman Hakim Saifuddin: Pemerintah Harus Memperhatikan Nasib Operator Sekolah/Madrasah". Bergabunglah dengan Wahyu dan 10 pendukung lainnya hari ini.