Sistem UTBK 2021 diubah ke Sistem UTBK 2019

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


SBMPTN merupakan jalur masuk PTN dengan seleksi tes yang dilaksanakan pemerintah. Tiap tahun, LTMPT memiliki sistem perencanaan untuk melancarkan pelaksanaan SBMPTN.

Tetapi sistem tahun 2020 atau tahun ini memiliki kontra, yang dalam hal ini sistem tersebut tidak didukung mayoritas pendaftar SBMPTN tersebut. Bagaimana tidak? Pada tahun ini sistem mengharuskan para pendaftar untuk memilih jurusan terlebih dahulu sebelum seleksi masuk PTN tanpa adanya skor UTBK untuk mengetahui kampus dan jurusan yang sesuai dengan nilai mereka.

Kami berharap sistem pelaksanaan SBMPTN 2021 tidak seperti SBMPTN 2020 dimana kita terlebih dahulu memilih universitas dan prodi. Karena menurut kebanyakan pendaftar tahun ini merasa itu kurang efektif.

Berdasarkan pengalaman pendaftar SBMPTN tahun ini, mereka banyak mengeluh karena merasa salah jurusan. Andaikan seperti SBMPTN 2019 yang sistemnya keluar nilai dulu lalu kita memilih universitas dan prodi kemungkinan tidak banyak yang merasa salah memilih jurusan dikarenakan nilai keluar terlebih dahulu lalu memilih itu lebih baik karena kita bisa lebih matang memilih prodi, tak hanya bergantung pada 2 pilihan saja.