Hentikan Penayangan Sinetron Plagiat TOPENG KACA

0 telah menandatangani. Mari kita ke 5.000.


Tanggal 6 Februari 2019, Sinemart mengunggah promo sinetron Topeng Kaca yang akan tayang di SCTV.

Promo Sinetron Topeng Kaca

Setelah dilihat, teaser tersebut memiliki kesamaan cerita dengan komik Garasu no Kamen karya Suzue Miuchi. Garasu no Kamen terbit di Indonesia dengan judul Topeng Kaca.

Tidak ada keterangan dari Sinemart yang menyebutkan kalau sinetron itu memiliki ijin resmi dari Suzue Miuchi selaku pengarang aslinya. Tidak juga ada keterangan saduran, adaptasi atau apa saja yang menyatakan bahwa cerita itu berasal dari komik Garasu no Kamen. Hanya ada sebuah pernyataan dari salah satu artikel di situs www.popmagz.com yang menyatakan bahwa cerita itu adaptasi dari komik Garasu no Kamen. Artikel Popmagz

Tetapi, jika sinetron ini disebut sebagai adaptasi, kenapa kemunculan Meriam Belina di dalam sinetron menampilkan karakter Mayuko Chigusa secara utuh. Baik secara tampilan fisik maupun percakapannya. Juga filosofi topeng kaca yang digunakan dalam sinetron sama persis dengan versi komiknya.

Untuk itu, kami, penggemar Topeng Kaca versi komik karya Suzue Miuchi menyatakan untuk menolak penayangan sinetron topeng kaca oleh rumah produksi Sinemart di saluran televisi SCTV, sampai adanya klarifikasi resmi dari pihak Sinemart mengenai lisensi resmi dan hak tayang dari Suzue Miuchi.

Kami berharap hal ini juga ditanggapi serius oleh KPI karena orisinalitas sebuah karya itu sangatlah penting. Kami menolak plagiat untuk kepentingan komersial.