Dukung Kementrian Lingkungan Hidup Mempertahankan P20/2018!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Setelah bertahun-tahun lamanya, akhirnya Pemerintah Indonesia memperbarui peraturan perundangan-undangan perlindungan satwa dan tanaman dilindungi melalui Permen P20/2018 Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dipimpin oleh ibu Siti Nurbaya Bakar. Dalam peraturan ini, setidaknya ada 919 jenis satwa dan tumbuhan yang dinilai terancam punah karena berbagai sebab, mulai dari perburuan, perdagangan, serta kerusakan habitat.

Meskipun masih terdapat kekurangan dalam peraturan tersebut, langkah KLHK pun diapresiasi oleh banyak pihak. Peraturan terbaru ini dinilai sebagai langkah yang sangat berani, apalagi setelah bertahun-tahun lamanya pemerintah Indonesia dianggap acuh tak acuh dalam melindungi kehidupan liar di wilayahnya. Perubahan daftar satwa dilindungi dari tingkat famili menjadi tingkat spesies juga dinilai mampu mengurangi kerancuan yang selama ini terjadi di penindakan hukum kasus kejahatan terhadap satwa liar. Selain itu, penambahan jenis-jenis baru di daftar satwa dan tanaman dilindungi juga mendapat apresiasi dari ahli konservasi, mengingat banyaknya jenis-jenis satwa dan tanaman yang menjadi lebih terancam selama beberapa tahun belakangan.

Sayangnya, tidak semua warga Indonesia mengapresiasi langkah tersebut. Para pemburu, pedagang dan "pecinta" satwa liar--yang selama ini ditengarai sebagai ancaman utama bagi satwa-satwa tersebut--merasa gerah dan tidak terima dengan peraturan ini. Mereka merasa peraturan tersebut akan mengganggu bisnis dan pendapatan mereka--sebuah harga yang sebenarnya sangat kecil bila dibandingkan dengan kerusakan ekosistem akibat hilangnya satwa tersebut di alam.. Bila hal ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin Pemerintah Indonesia pada akhirnya memutuskan untuk membatalkan peraturan ini--sebuah langkah mundur yang sangat besar bagi perlindungan hidupan liar di Indonesia!

Agar hal tersebut tidak terjadi, kita sebagai warga Indonesia wajib menunjukan dukungan kita terhadap P20/2018 KLHK agar tetap dipertahankan oleh Pemerintah Indonesia. Harapan kami, dukungan dari kita dapat melawan aksi protes dari para perusak dan perampok alam tersebut, sehingga pemerintah pun tidak "tergoda" untuk membatalkan P20/2018 hanya karena tuntutan para "pecinta" satwa gadungan tersebut.

Ibu Siti Nurbaya, kami di belakang Anda! Jangan gentar melawan perusakan alam, semoga P20 bisa tetap menjadi senjata dalam melestarikan hidupan liar di Indonesia!

 



Hari ini: Panji mengandalkanmu

Panji Gusti Akbar membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Komisi Penyiaran Indonesia: Dukung". Bergabunglah dengan Panji dan 55 pendukung lainnya hari ini.